Ibu Negara Berpulang

Saya kira tidak lah berlebihan bahwa seluruh bangsa Indonesia berduka dengan kepergian ibu Ainun Habibie. Ibu negara kita.

Kita yang melihat sosok Ibu Ainun akan sangat terkesan. Ini adalah sosok ideal sebagi Ibu Negara. Kombinasi kecerdasan, keanggunan, kesantunan, dan kecantikan wanita Indonesia yang tinggi. Kesan sama yang kita tangkap saat melihat keluarga kaisar Jepang misalnya. Tapi ini terasa lebih, karena ibu Habibie adalah representasi kita. Mewakili bangsa kita. At a highest level.

Kemudian kita disentakkan oleh kesan betapa mendalamnya cinta antara ibu negara dengan suaminya BJ Habibie. Kita melihat suatu kesetiaan. Suatu pemujaan. Suatu kebanggaan bisa saling bersanding. Dan ini menjadi inspirasi untuk semua pasangan suami istri di mana saja.

Oleh sebab itu kita semua bersedih dan berduka saat ibu negara berpulang. Kita teringat keluarganya. Betapa berat bagi Presiden Habibie. Bagi anak cucu mereka.

Sambil mengucapkan belasungkawa bagi keluarga dan selamat jalan bagi ibu, terbesit rasa terimakasih mendalam atas teladan yang sudah diberikan. Akan inspirasi apa yang setiap anak bangsa kita sanggup capai. Akan sosok yang setiap anak bangsa bisa berkaca.

Ibu Ainun memang sudah pergi menghadap Khalik nya. Tapi teladan dan sosoknya tertanam di dalam sanubari setiap anak bangsa. Terimakasih, ibu…

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: