Transformasi Partai Demokrat

Dari SBY Fans Club menjadi partai paling modern di Indonesia. Itu yang diperlihatkan Partai Demokrat (PD) tiga hari terakhir. Hebat!

Selama ini cuma PKS yang terkesan partai politik yang bekerja menurut suatu governance berbasis cita-cita, aspirasi dan peraturan bersama. Yang lain itu sarat intervensi tokoh atau sarat politik uang.

Mungkin memang Indonesia itu belum begitu modern. Jadi diperlukan ketokohan.  Tanpa ketokohan, orang tidak mau nurut. orang cenderung berkelahi saling berebut.

Di satu pihak, ketokohan itu mengandung bahaya penyalahgunaannya. Power tanpa kendali. Mematikan aspirasi dan pertumbuhan pemimpin yang lain.

Tapi aturan dibuat untuk kebaikan bersama. Agar suatu organisasi benar-benar berhasil memperoleh kader terbaiknya untuk menjadi pemimpin. Tidak didistorsi oleh judgment sang tokoh atau politik uang. Ini adalah salah satu ciri dari partai modern.

Jadi harusnya bagaimana?

Orang harus belajar dari SBY dan PD tiga hari terakhir.

Ketokohan SBY digunakan untuk memaksakan penggunaan aturan. Memaksakan larangan politik uang. Memaksakan suatu fair contest. Sehingga terjadi kontes untuk memilih pemimpin yang memang terbaik.

Hasilnya: transformasi PD menjadi partai paling modern di Indonesia. Kongres berhasil memilih kader terbaik sebagai ketua umum nya.

Dan orang menyaksikan SBY menggunakan kekuasaannya pada tempat yang paling pas: menegakkan prinsip-prinsip luhur suatu organisasi, membuat kontes yang efektif, dan melawan kecenderungan negatif dari ketokohan dan uang.

Saya terus terang kagum. Kita semua sudah capek dengan sandiwara-sandiwara demokrasi semu oleh tokoh-tokoh yang ingin mempertahankan kekuasaan. Kita sudah muak dengan permainan uang para pengusaha di panggung politik. Apa yang dicontohkan SBY dan PD itu seperti air sejuk.

Saya tidak akan heran bila rakyat akan menganugerahi kemenangan besar bagi PD pada pemilu berikut.


  1. anugrahkusuma

    Saya gak ngikutin Kongres PD. Tapi membaca ulasan singkat pak Armein, saya mempunyai peningkatan harapan atas kehidupan politik Indonesia, at least seperti yang dicontohkan PD. Salut !

  2. ya aq jg pas pemilu kemarin milih demokrat.yawda ntar pemilu 2014 pilih demokrat lg deh.🙂

  3. Sayangnya potensi kemenangan besar bagi PD pada pemilu berikut ini bisa sirna gara-gara wacana melarang BBM bersubsidi bagi bikers. Yang ada sekarangnya kesannya adalah pemerintah tidak pro rakyat kecil.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: