Hidup Adalah Pengulangan

Bila anda bosan dengan pengulangan, rutinitas, pikir lagi. Pengulangan ini yang menyebabkan kita hidup. Begitu kita berhenti mengulang-ulang, kita pasti mati.

Contoh, jantung kita berdenyut berulang-ulang. Seratus kali permenit. Begitu jantung bosan, pengen istirahat saja sebentar, game over.

Kita juga bernafas berulang-ulang. Duapuluh kali per menit. Kalau paru-paru bosan bernafas, selesai sudah kita itu. Menghembuskan nafas terakhir.

Makan tiga kali sehari. Minum lebih lagi. Ke jamban, kalau tidak rutin, bisa digotong ke rumah sakit.

Tiap hari ke sekolah, ke tempat kerja, belanja. Semua di dunia ini kita ulang-ulang. Berhenti mengulang: mati.

Hidup itu adalah pengulangan.

Saya punya respek baru terhadap konsep kreditan, cicilan. Bayangkan, dengan menyicil, orang bisa punya rumah, mobil. Bahkan industri penerbangan model Lion Air itu ternyata nyicil pesawat. Dengan nyicil effort yang kecil, orang bisa mendapatkan hal yang besar. Asalkan setia mengulang-ulang bayar.

Tinggal masalahnya, apa yang kita ulang-ulang? Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Tapi kalau salah diulang-ulang, kita hidup ngaco namanya. Kalau error selalu di repeat, maka hidup kita dumb. Kecil-kecil awalnya, tapi ujungnya tidak tertolong.

Jadi pastikan yang kita ulang-ulang itu sesuatu yang membangun. Pastikan tiap hari kita latihan hal-hal yang membangun. Apapun itu. Mungkin hari ini kita jauh dari sempurna. Tapi kalau setia diulang-ulang, kita akan mencapai tujuan kita.

Lakukanlah hal yang bermakna dan membangun, kecil-kecil, berulang-ulang, setiap hari.

 


  1. Melihat pengulangan dan rutinitas dari sudut pandang yang positif seperti ini menjadi pembaca jadi semakin positif. Sangat menginspirasi, Pak. Salam kenal.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: