Multiple Currencies

Saya mengusulkan cara memberantas kemiskinan itu dengan konsep multiple currencies. Mata uang sebanyak mungkin. Setiap orang boleh mencetak mata uang nya sendiri.

Konsep single currencies, satu mata uang, penyebab jurang kaya dan miskin. Karena cuma Bank Indonesia yang boleh mencetak Rupiah, maka segala macam urusan di Indonesia, mulai dari gaji, bisnis, pajak, zakat, derma, judi, korupsi, prostitusi, narkoba, sampai pada teroris menggunakan uang yang sama.

Kemudian, ada orang yang tidak punya uang sama sekali, dan ada yang punya puluhan triliun rupiah. Ada yang kesusahan bayar SPP untuk anaknya, ada yang bisa beli seribu sekolah.

Itu semua karena konsep single currencies.

Kemudian, sekarang sudah lumayan ada dollar, ada yen, ada ringgit, ada euro dan lain-lain. Dunia tidak hanya dollar AS. Jadi krisis euro tidak berdampak ke rupiah. Tetapi inipun berbahaya. Karena konsep bebas keluar masuk mata uang global juga sering membawa bencana ekonomi. Krisis Rupiah di tahun 1998 itu akibat USD masuk begitu besar kemudian mendadak keluar dari Indonesia.

Kalau mau uang benar-benar mensejahterakan, maka kita harus menganut multiple currencies. Jutaan atau miliaran mata uang. Setiap orang punya mata uang sendiri. Setiap perusahaan punya mata uang sendiri. Tiap lembaga punya mata uang sendiri. Setiap negara punya mata uang sendiri. Mata uang ini bersifat digital, sehingga ia bisa dikelola oleh komputer.

Jadi tidak ada lagi orang yang miskin. Karena dia punya uang. Yang dia terbitkan seperlunya.

Perusahaan sudah menerbitkan berbagai “mata uang”, seperti saham, obligasi, derivatives. Facebook, Blackberry,  dan Google menerbitkan digital money. Operator telepon menerbitkan pulsa. Perseorangan sudah mulai menerbitkan kredit. Toko menerbitkan vouchers. Semua itu menjurus ke multiple currencies.

Kita perlu belajar menerbitkan uang kita …


  1. menarik…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: