Percaya Diri

Sombong dan percaya diri sepertinya beda tipis. Sama-sama percaya pada kemampuan diri sendiri. Tapi sejatinya keduanya beda bumi dengna langit. Sombong itu sebenarnya datang dari rendah diri. Sedangkan percaya diri itu sederhana. Ia mengerti keniscayaan akan talenta setiap orang.

Orang pada awalnya tidak menyadari fakta bahwa ia adalah ciptaan yang luar biasa. Kalau kita tahu sejarah kehidupan, maka kita akan takjub. Betapa kita adalah hasil perjuangan kehidupan di bumi. Nenek moyang kita berhasil melalui berbagai kesulitan dan tantangan. Sehingga dalam tubuh kita mengalir suatu tradisi keuunggulan. Yang berhasil menembus begitu banyak hambatan. Sehingga kita ada hari ini.

Orang pada awalnya tidak tahu bahwa di setiap manusia ada minimal satu talenta. Bakat. Bekal pemberian Tuhan dalam hidup setiap manusia. Yang ia bisa kembangkan berlipat-lipat. Berbuah.

Karena dia tidak tahu semua itu, maka dia bisa rendah diri. Membanding-bandingkan dengan orang lain. Iri.

Sampai suatu saat talentanya keluar. Kehebatannya muncul. Maka mendadak ia merasa lebih hebat dari orang lain. Ia berbalik menjadi sombong.

Ia tidak tahu bahwa sumber kemampuan dirinya adalah Penciptanya. Bahwa bukan hanya dia, tapi setiap orang dibekali talenta.

Seandainya dia tahu itu semua, ia akan rendah hati. Ia tidak akan sombong. Sebaliknya ia tahu bahwa ia harus mempertanggungjawabkan talentanya. Ia harus mempersembahkannya bagi semua orang yang membutuhkannya. Dan ia juga bersiap mencari talenta orang lain yang ia butuhkan.

Ia paham bahwa hidup itu adalah tentang saling menikmati buah-buah talenta. Ia mempersembahkan talentanya. Dan ia menikmati talenta orang lain.

Pemahaman bahwa ia punya “sesuatu”. Dan orang lain juga punya “sesuatu”.

Itulah sumber percaya dirinya. Dan itulah juga sumber percayanya kepada kemampuan orang lain.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: