Mood Disorder

Kalau kita merasa kurang produktif, mungkin kita kena penyakit mood disorder. Bagaiman cara sembuhnya?

Waktu saya ke klinik RS Borromeus, saya baca sebuah poster undangan seminar. Seminarnya menarik. Tentnang pengaruh spiritualitas bagi kesehatan jiwa.

Salah satu topik adalah: mood disorder. Sederhananya, perasaan kita terganggu, sehingga kita tidak beisa bekerja baik.

Bahwa peran mood, kondisi perasaan, terhadap kinerja seseorasng sudah tidak disangkal lagi.

Kalau kita tidak senang, kita mogok. Kita tidak mengeluarkan kemampuan kita maksimal. Kalau kita merasa hopless, kita berhenti berusaha.

Saya punya sahabat semasa mahasiswa yang sudah memvonis diri sendiri tidak bisa pelajaran Kimia. Akibatnya, saya bantu ajari bagaimanapun, dia tidak bisa nangkap. Sampai muntah-muntah segala. Padahal saya tahu dia pintar. Mood nya nggak dapat. Mood disorder.

Jadi saya perlu menjaga mood saya. Belajar mengendalikan mood. Terutama mood negatif. Sehingga saya selalu bisa memberikan usaha yang maksimal.

Mood itu ternyata soal pikiran. Imajinasi. Bayangan. Sering kali kita karang-karang sendiri. jeleknya, yang kita karang-karang itu umumnya yang negatif. Mestinya yang positif, dong ya?

Tapi akhirnya kesimpulan saya, ngarang-ngarang itu ternyata tidak cocok buat saya. Baik yang positif, apalagi yang negatif.

Saya jadi belajar untuk tidak punya mood. Belajar untuk tidak punya perasaan berbasis imajinasi. Saya belajar melakukan sesuatu simply karena saya perlu mengerjakannya. Niscaya mengerjakannya. Natural saja.

Jadi saya belajar tidak butuh mood. Seperti seorang prajurit yang mengerjakan perintah atasan. Kerjakan saja. Tanpa perlu ada perasaan.

Cara saya untuk sembuh dari mood disorder sekarang adalah: belajar bekerja tanpa butuh mood


  1. menjadi bukan manusia yang punya perasaan pak? seperti robot dong




Leave a Reply

