Soal Anas…

Apa yang menyesakkan dari kasus Anas dkk? Bahwa kader pemimpin muda kita rontok. Apa yang harus Anas lakukan sekarang?

Ada yang sama dari Anas Urbaningrum, Nazarudin, Angelica Sondakh, dan Andi Malaranggeng. Mereka itu pemimpin lapis berikut. Next generation leaders.

Mereka pemimipin Indonesia yang sedang berlatih untuk berpolitik secara benar. Melalui sistem ketatanegaraan yang mulai teratur.

Tapi digoda uang yang sebenarnya tidak seberapa, mereka rontok.

Mungkin tidak sepenuhnya salah mereka. Seluruh partai politik, proses politik, saat ini memang didanai uang haram. Jadi kalau partai mereka tidak ikut main, mereka akan dikalahkan dalam kekuatan finansial.

Tapi mereka adalah pemimpin muda yang idealis. Yang sudah terbiasa hidup dari gaji kecil. Jadi seharusnya mereka ada dalam posisi untuk melawan politik uang haram itu.

Perjuangan mereka yang sebenarnya bukanlah memenangkan pemilu. Tetapi perjuangan memperbaiki aturan politik. Berjuang melawan politik uang haram. Mengajukan alternatif yang lebih baik.

Itu tugas sejarah pemimpin lapis berikutnya. Itu panggilan next generation leaders.

And they fail us...

Saya pribadi pernah bertemu Anas Urbaningrum sekitar tahun 1997 dalam suatu forum mahasiswa. Kami sama-sama pembicara. Dia lebih muda dari saya, tapi sudah memngesankan saya. Mantan Ketua Umum HMI. Jadi saya melihat dia seperti sosok Akbar Tanjung yang baru. Modal keterampilan beroganisasi sudah tidak diragukan lagi.

Itu sebabnya kasus ini menyesakkan.

Cuma saya pikir, karena Anas masih muda, maka kesempatan selalu masih ada.

Justru peristiwa ini adalah ujian ketangguhan Anas. Apakah ia akan menyerah dan make deals seperti Angelica Sondakh untuk mundur dari politik dengan harta berlimpah? Atau Anas mau kembali mengingat cita-cita dan aspirasi dulu saat ia memutuskan untuk menjadi politisi?

Anas harus menggunakan semua peristiwa ini, semua perhatian ini, untuk membeberkan kebobrokan politik Indonesia. Anas harus menggunakan semua mikropon, semua kamera, semua perhatian mass media saat ini untuk mengungkapkan apa sebenarnya yang sedang berlangsung. Membongkar teater politik haram.

Tujuannya adalah agar semua rakyat Indonesia bisa sadar akan semua permainan politik dan uang haram. Agar negara kita mau do something. Melakukan pembenahan sistem berpolitik. Reformasi.

Sebagai orang dalam, Anas akan kredibel. Akan didengar semua.

Jadi saya kira, satu kata buat Anas: Bongkar!


  1. saya juga pernah menaruh harap pada sosok Anas Urbaningrum!public speaking yang bagus dan air muka yang matang secara emosional dan pengalaman organisasi yang mumpuni ckup menjadi modal untuk calon pemimpin masa depan. walaupun sy bukan simpatisan partai demokrat. partai ini seharusnya merasa beruntung mendapati sosok AU. Tapi inilah kehidupan, unpredictable!

  2. bisajadi beliau pun dijatuhkan & dijerat oleh oknum tertentu karna dianggap membahayakan jk tetap bertahan dipemerintahan




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: