Carbon Silicon

Ada orang menduga bahwa elektronika akan sangat maju sehingga di sekitar tahun 2050 ia akan mengambil alih kekuasaan di bumi dari manusia.

Bahwa elektronika itu sangat maju, orang sudah tahu. Komputer, telekomunikasi, berbagai peralatan sudah dimasuki elektronika.

Tapi bahwa elektronika akan menjadi makhluk hidup yang menguasai bumi, itu beyond imagination.  Masak sih?

Tapi coba renungkan beberapa fakta.

Kecerdasan komputer elektronik sudah mengalahkan Garry Kasparov, pecatur trerhebat di dunia. Diperkirakan di tahun 2050, kekuatan komputasi komputer sudah mengalahkan otak manusia. Ini sering disebut titik singularitas.

Kemudian bahan dasar elektronika, yaitu silikon, ternyata memiliki banyak sifat kimia yang sama dengan Karbon.  Ada pada kolom yang sama di tabel periodik. Padahal makhluk hidup di bumi itu adalah mahkluk protein yang datang dari karbon. Artinya kalau ada elemen lain yang bisa menjadi dasar makhluk hidup, silikon lah kandidat terbaik.

Kemudian, oleh electronic marketing, semakin banyak smart devices berbasis silikon yang kita sebarkan ke seluruh dunia. Termasuk gadget yang kita bawa-bawa. Sebentar lagi electonics akan diimplant kedalam tubuh kita. Baik silicon prostesis maupun smart devices.

Point saya, satu-satunya saingan elemen makhluk hidup kita di bumi itu adalah silikon. Padahal kita terus menyebarluaskan dan mencerdaskan silicon di bumi ini. Sampai pada titik “makhluk” silikon ini sudah mengalahkan juara catur kita, dan tiga puluh tahun lagi lebih cerdas dari kita semua. Sambil kita terus hidup semakin bergantung pada silicon.

Belajar dari proses alam yang memicu carbon menjadi protein dan protein menjadi makhluk hidup, maka kita tidak bisa mengabaikan kemungkinan proses yang sama terhadap silicon. Memang waktu proses evolusi carbon itu sangat lama. Tapi kita sedang bicara silicon yang cerdas, dan tersebar di mana-mana.

Jadi menurut saya kecurigaan orang akan datangnya makhluk silicon sebagai saingan makhluk carbon itu cukup beralasan.


  1. pertanyaanya apakah silikon mempunyai ‘intuisi’ untuk mempertahankan diri, atau ‘pertahanan diri’ ini adalah pola yang diajarkan oleh otak2 manusia yang terbuat dari karbon. hmm.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: