Menara Babel

Menurut sebuah legenda, manusia hendak bekerjasama membuat Menara Babel sampai ke langit. Tapi gagal, karena muncul berbagai bahasa manusia. Sehingga mereka gagal berkomunikasi. Alhasil kerjasama menjadi susah. Pembangunan menara gagal.

Dalam kisah ini, waktu terjadi bencana air bah yang dahsyat, cuma keluarga Nabi Nuh yang selamat. Sehingga manusia mencari jalan keluar, membangun kota yang sangat tinggi. Niatnya, semua mau berkumpul di satu menara, dan bila terjadi banjir lagi, semua bisa selamat.

Tapi Tuhan berkehendak lain. Manusia jangan berkumpul di satu tempat. Tapi harus menyebar ke seluruh muka bumi. Maka tercerai berai lah umat manusia karena perbedaan bahasa. Menara itu gagal dibangun.

Mana yang duluan: orang tercerai berai dulu baru membuat bahasa masing-masing? Atau orang memiliki bahasa masing-masing lalu tercerai berai?

Terlepas dari debat ini, saya kira sudah jelas. Keragaman bahasa adalah suatu keniscayaan. Mempersatukan semua orang ke dalam satu jenis bahasa sebenarnya menghambat kemajuan peradaban. Karena satu bahasa menggoda orang untuk memiliki satu cara berpikir. Tidak mentolerir orang yang berbahasa berbeda. Yang berpikiran berbeda.

Tapi, kalau bahasa berbeda, bagaimana kita bekerjasama?

Sebenarnya yang penting adalah berkomunikasi. Bukan sekedar berbahasa sama, atau berpikiran sama. Tetapi saling berkontribusi dalam keberagaman. Saling membangun.

Rupanya manusia tidak dianjurkan untuk membangun menara Babel, melarikan diri dari ancaman banjir, dengan satu macam bahasa.

Tetapi manusia dilatih untuk bekerjasama, saling berkontribusi, menghadapi realitas dunia. Membangun kebersamaan dalam keberagaman.

Bahasa boleh berbeda. Tapi manusia harus bisa berkomunikasi beyond languages.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: