Kaya Harta

Saya senang punya banyak uang. Tapi target saya di detik saya mati, harta saya harus senilai Rp 0,-

Karena uang itu harus dipakai. Harus digunakan. Harus dimanfaatkan.

Jangan disimpan semua.

Dulu orang menggunakan emas untuk alat tukar. Tapi karena repot dan takut hilang, maka emas kita disimpan di bank, dan bank menerbitkan kertas tanda kepemilikan emas: uang. Jadi uang tidak lebih dari kupon untuk mengklaim emas yang dititip di bank.

Tapi itu dulu, sebelum kita lahir. Jadi saat kita lahir, kita tidak tahu soal emas itu. Yang kita tahu ada kertas ajaib, namanya uang, yang kita bisa tukar dengan apa saja yang kita mau.

Malah kita simpan lagi uang kertas itu ke Bank. Aneh ya? Bukankah itu kupon tanda penyimpanan?

Anyway, sekarang manusia bereksperimen banyak dengan kertas aneh ini. Muncul krisis moneter, krisis ekonomi, sampai pada korupsi. Semua akibat kertas aneh ini.

Jadi jadi curiga. Sebenarnya ahli ekonomi pun masih belum tahu esensi dari uang kertas. Minimal belum sempurna. Dan sudah ada ratusan mata uang kertas, semuanya tidak dijamin emas. Jadi saya curiga. Ada krisis moneter yang selalu mengintai.

Maka saya pikir, uang itu harus segera dikonversi menjadi kekayaan yang lebih tahan krisis.

Apa itu? Berinvestasi.

Ke mana? Kesehatan. Ilmu. Pengetahuan. Organisasi. Usaha. Keluarga. Anak cucu. Anak yatim. Komunitas. Negara.

Esensinya: berinvestasilah pada manusia, yang nanti berikhtiar memenuhi kebutuhan kita pada saat kita tidak produktif lagi.

Jadi kalau saat saya mati, harta materi saya masih banyak, berarti saya sudah gagal berinvestasi. Selain harta saya tidak berguna, ia menjadi sumber perselisihan anak-anak saya soal warisan.

Jadi saya senang kalau bisa kaya. Tapi target saya, saya harus sedemikian berhasil menggunakan kekayaan, sehingga habis menjadi Rp. 0,- pas saya menghembuskan nafas terakhir.




    Leave a Reply

