Selamat Datang 2013

Selamat Tahun Baru 2013.

Tadi malam Marco dan saya sengaja menunggu jam 12 malam. Jadi kami nonton DVD, TV sambil menikmati makanan kecil.

Siangnya Ina, saya, Marco, dan Aya sengaja ke daerah Jl Dalem Kaum. King’s shopping center. Belanja keperluan traveling.

Ternyata daerah King’s itu selalu ramai. Penuh banyak orang. Saya sampai bingung mau parkir di mana. Ternyata di basemen alun-alun ada tempat parkir yang cukup luas. Jadi saya mudah parkir di situ. Tarifnya tidak begitu mahal.

Di alun-alun sendiri, depan Masjid Agung, pedagang menggelar dagangan mereka. Menilik dari wajah, mereka seperti masayarakat biasa. Mencari peruntungan di akhir tahun.

Dan pedagang kaki lima membunyikan trompet tahun baru. Ramai sekali. Memekakkan telinga. Sambil menawarkan barang. Apapun. Dari asesoris, pakaian, sampai DVD bajakan.

Saya menikmati keramaian ini. Saya melihat wajah-wajah bersahaja. Pembeli maupun penjual. Menikmati hari terakhir 2012.

Mungkin tidak terucap. Tapi saya merasakan ada syukur sudah tiba di penghujung 2012. Dan semua masih OK, masih survive, bahkan penuh harapan baru. Terbesit doa semoga 2013 lebih baik lagi.

Tak terasa saya berhenti di sebuah lapak. Saya lihat dia jualan topi. Setelah coba sana coba sini, saya beli topi corak jeans, seharga 20 ribu. Saya tidak butuh sebenarnya. I just want to be a part of the ritual. Having fun bargaining..🙂

Marco masih berusaha menunggu jam 12 malam. Tapi 30 menit sebelum pergantian tahun, dia tidak kuat. Naik ke ranjangnya. Dan tertidur pulas. Senyum menghiasi wajahnya.

Bandung sebenarnya agak hujan. Jadi berbekal topi baru, saya pasang tangga, dan naik ke atap belakang rumah.

Wah fireworks Bandung indah sekali…

Seputar mata memandang, tidak henti-hentinya langit dipenuhi kembang api.

Saya tahu pasti mahal. Uang dibakar-bakar begitu. Belum orang ngomel karena berisik.

Tapi malam ini saya beryukur. Berterimakasih untuk semua energi, usaha, dan uang yang dihabiskan untk merayakan pergantian tahun. Karena di dalam hati saya mengerti. Life is worth celebrations.

Terimakasih sudah membuat langit Bandung indah di malam berkabut.

Saat hendak tidur, saya bersyukur untuk 2012. Semua penyertaan Tuhan pada kita semua. Terbayang wajah-wajah tidak dikenal, yang berpapasan dalam keramaian di kawasan Dalem Kaum tadi siang. Wajah-wajah sesama kita yang telah menjalani hidup bareng selama 2012. Yang tidak pernah menyerah. Yang berharap hidup akan lebih baik di 2013. Saya berdoa untuk kebahagiaan mereka, saya, dan kita semua.

Selamat datang 2013. Semoga kita akan terus berpapasan lagi. Membagi kehidupan ini. Mengejar impian. Merajut masa depan bersama. God bless you all…


  1. Met Tahun Baru juga gan, mudah2an impian kita bisa terwujud di 2013.. mampir2 juga ke blog saya ya..🙂

  2. Kereeeen..
    Saya follow n Salam kenal ya🙂

  3. ke alun-alun setelah itu pulang ke rumah bobo




Leave a Reply

