USD 1 juta?

Tahun ini saya akan genap berusia 50 tahun. Kalau saya diberi umur panjang sampai katakanlah 85 tahuh, maka saya butuh dana sebesar USD 1 Juta. Tentu lebih rendah dari itu kalau saya mati lebih awal.

Hitung-hitungan saya sederhana. Asumsi saya masih akan hidup sekitar 35 tahun lagi, jadi mati di tahun 2047. Kalau saya sekarang hidup pada level Rp 10 juta perbulan, maka kebutuhan saya pertahun adalah Rp 120 juta. Kalau inflasi 5% pertahun, maka untuk mempertahankan gaya hidup saya sekarang, di tahun 2047 saya butuh Rp 55 juta per bulan.

Total dana yang diperlukan dari sekarang sampai meninggal sekitar USD 1 juta.

Kalau anda lebih muda dari saya, anda akan butuh lebih besar lagi.

Nah dari mana uang sebanyak itu?

Jelas tidak bisa dari gaji, karena saya harus pensiun pada usia 65 tahun.  Maka saya harus terus berinvestasi.

Teori saya, setiap penghasilan kita, dari manapun sumbernya, harus dibagi tiga:

  1. Minimal 10% untuk investasi
  2. Sekitar 20% untuk tabungan kebutuhan mendadak.
  3. Sisanya maksimum 70% untuk hidup sehari-hari

Anda bisa hitung sendiri dengan spreadsheet planing anda seperti apa.

Kuncinya anda hanya boleh menggunakan maksimum 70% penghasilan anda untuk kebutuhan sehari-hari.

Hiduplah di level itu.




    Leave a Reply

