Mindmap dan Cloud

Orang seperti saya itu “cari makan” dengan jualan ide, buah pikiran. Sehingga penting bagi saya untuk bisa menata ide kreatif yang muncul dalam bentuk yang bisa diimplementasikan. Untuk itu saya butuh mindmap. Peta pikiran. Dua aplikasi gratis yang menjadi favorit saya sekarang adalah FreeMind dan DropBox. Lebih dari 50% waktu saya habis untuk kerja dengan dua aplikasi ini.

FreeMind adalah sebuah aplikasi Java yang berguna untuk membuat peta pikiran (mindmapping). Dengan aplikasi ini saya dapat membuat diagram pohon dengan cabang dan ranting yang memetakan pemikiran saya. Jadi ini aplikasi komputer yang dapat menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran saya menjadi diagram.

Aplikasi kedua adalah DropBox. Ini aplikasi dan layanan komputasi awan (cloud computing) yang mereplikasi isi sebuah Folder (disebut folder DropBox) di komputer saya ke Internet. Jadi apapun yang diisi ke dalam folder ini akan disimpan di Internet. Semacam backup otomatis.

Kemudian saya bisa membuat folder DropBox di semua komputer yang saya sering gunakan. Setiap saya membuka satu komputer, maka program DropBox akan mengupdate isi folder DropBox dengan file backup yang berada di Internet tadi. Kalau saya mengedit dan mensave file manapun dalam folder lokal ini, maka DropBox otomatis membackup file saya ke Internet.

Mindmap dan DropBox juga tersedia gratis di platform Android.  Di tablet android saya, saya menggunakan ThinkingSpace yang kompatibel dengan FreeMind. Hasil dari ThinkingSpace bisa diekspor ke DropBox.

Kemarin siang saya terjebak hujan di dekat parkiran Rektorat. Sejam lamanya. No problem. Saya bisa kerja dengan tablet saya mengedit Mindmap. Hujan selesai, mindmap saya selesai.

Kalau belum pernah pakai kedua aplikasi itu, layak dicoba…


  1. Akan saya coba pak …

  2. Edwin Sianturi (EL93)

    Pak Armein, selamat ya, Pak! Saya baru tahu kalau Pak Armein sudah jadi Profesor. Sebagai mantan anak bimbingan Pak Armein, saya ikut bangga untuk Pak Armein!

    • azrl

      hehe infonya salah Edwin… I wish hehe

  1. 1 Mindmap dan Cloud « Armein Z. R. Langi in the City of Eden « Pikir dan Rasa

    […] leave a comment » Orang seperti saya itu “cari makan” dengan jualan ide, buah pikiran. Sehingga penting bagi saya untuk bisa menata ide kreatif yang muncul dalam bentuk yang bisa diimplementasikan. Untuk itu saya butuh mindmap. Peta pikiran. Dua aplikasi gratis yang menjadi favorit saya sekarang adalah FreeMind dan DropBox. Lebih dari 50% waktu saya habis untuk kerja dengan dua aplikasi ini. via azrl.wordpress.com […]




Leave a Reply

