This is Your Heaven

Sorga itu sudah ada sekarang atau baru diberikan nanti setelah kita mati? Terlepas dari perdebatan itu, faktanya dunia ini sudah diberikan Tuhan bagi kita hari ini. This is your heaven today

Debat soal sorga itu selalu seru dan kontroversial. Ada orang percaya sorga itu efektif baru ada nanti setelah kiamat. Nanti kalau kiamat datang maka dunia ini diganti dengan sorga. Kita sekarang yang ada di dunia harus berbuat baik supaya bisa masuk sorga.

Yang lain membantah: sorga itu sudah ada sejak dulu, tempat di mana Tuhan ada. Dan sekarang juga sorga itu ada. Kalau kita sudah mati pintu sorga dibuka bagi kita yang layak memasukinya.

Ada pendapat lain lagi: sorga itu metafora. Secara fisik sorga tidak ada. Tapi kalau pikiran kita benar, bebas dosa, dekat Tuhan, hidup suci, maka kita sudah berada di sorga. Sorga itu peaceful state of mind.

Mana yang benar? Saya jujur tidak tahu. Karena semua itu bagi saya adalah pendapat yang masuk akal. Valid hypothesis. Make sense. Plausible.

Tapi sekaligus juga itu pendapat yang berdasarkan pada second hand information.  Artinya informasi itu kita dengar dari orang lain. Baca dari tulisan orang lain. Katanya. Kita sendiri tidak mengalaminya. Kalaupun hendak dibuktikan, kita harus mati dulu, dan tunggu kiamat.

Tapi yang saya betulan alami hari ini adalah dunia ini sekarang. Bumi ini. Realitas hari ini. Detik ini. Saya tangkap realitas ini dengan panca indera saya. Dan saya konfirmasi dengan akal dan perasaan saya. Ini sebuah realitas yang valid.

Dan dunia ini sebenarnya sorga juga. Kalau anda tahu kondisi planet lain, kondisi tempat di luar bumi ini, dan anda bandingkan dengan bumi, maka kesimpulan kita sudah jelas: bumi ini sorga. Semua yang kita perlu ada di sini. Mulai dari kebutuhan fisik (temperatur, oksigen, sinar mentari), kebutuhan biologis (makanan, fungsi organ tubuh, sampai pada pasangan hidup), kebutuhan sosial (masyarakat), sampai pada kebutuhan spiritual, semua ada di bumi.

Dan semua terjadi secara ajaib. Bumi ini keajaiban. Hidup di bumi ini pun adalah suatu keajaiban. Setiap hari adalah keajaiban.

We are definitely in heaven. Minimal wonderland.

Orang bisa bilang, sorga setelah kiamat nanti jauh lebih indah. Jauh lebih spektakular. Jauh lebih menyenangkan. Disiapkan Tuhan bagi orang-orang yang Ia berkenan. Amiiin. Kalau dunia ini sudah se-istimewa ini, saya deg-degan, excited, menanti sorga nanti.

Tapi saya kira Tuhan akan kecewa kalau kita gagal menghargai bumi dan kehidupan ciptaanNya hari ini. Ia akan kecewa kalau kita merendahkan, bahkan menjelekkan, dunia hari ini. Dunia ini adalah pemberianNya bagi umat manusia yang dikasihiNya. Dan selayaknya kita mengapresiasi dan mensyukurinya.

This is wonderful already. This is our heaven now.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: