Pohon Pisang di Gurun

Jangan cepat menyerah. Kalau lingkungan tidak mendukung, tidak berarti kita tidak bisa tumbuh. Pohon pisang saja bisa tumbuh di gurun. Asal tahu caranya.

Saya pikir pisang cuma tumbuh di negara dengan tanah subur. Ternyata petani di negara Timur Tengah seperti Israel, Yordania, atau Arab bisa menanam pisang, orange, dan banyak buah lain. Padahal tanahnya nyaris tidak ada. Gurun  pasir gitu lho.

Tapi para ahli mencari cara seperti teknologi hidroponik, yakni teknologi untuk melakukan budidaya tanaman di atas tanah buatan. Jadi sektor pertanian di negara timur tengah tetap hidup dan berproduksi. Berkat engineering dari pertanian.

Jadi kalau petani timur tengah tidak menyerah, demikian juga kita.

Mungkin kita merasa berat untuk maju. Susah untuk sukses. Sukar untuk bertumbuh. Lingkungan kita bisa saja tidak mendukung. Tidak kondusif. Tidak subur.

Maka mari kita kembangkan teknologi “hidroponik” di bidang apapun yang kita pilih. Kita melakukan “engineering” atas nasib kita, atas lingkungan kita.

Setiap saya mau menyerah karena pengaruh lingkungan yang tidak mendukung, saya ingat gambar pisang gemuk dan orange segar yang tumbuh di hidroponik gurun Israel.

Langsung semangat lagi.


  1. mana mungkin omadapohon pisang di gurun..

    • azrl

      tinggal google saja : “dessert cultivation banana in israel”, ketemu links-nya

  2. melakukan “engineering” atas nasib kita…

    kalo dipikir2, salah satu kredo yg harus ada dalam diri seorang engineer adalah “tidak perlu mengeluh”. karena adalah sudah tanggungjawab seorang “engineer” untuk meng-engineer situasi dan kondisinya menjadi lebih baik…

    salam engineer Pak Armien




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: