Seperti Dioda

Menghadapi ketidakpastian dalam hidup kita perlu menggunakan “dioda”. Apa maksudnya?

Sejak kecil saya sudah paham listrik, khususnya listrik searah. Karena saya sering main-main dengan batu batere dan lampu senter. Saya mengerti perilaku tegangan positif dan negatif.

Tapi lama saya tidak paham bagaimana listrik bolak-balik bisa membawa energi. Soalnya tegangan rata-rata listrik bolak-balik itu nol. Karena tegangan listrik bergantian, dari positif ke negatif dan sebaliknya.

Sampai suatu hari saya belajar tentang sebuah komponen bernama dioda. Dioda ini ada di adapter, yang mengubah listrik PLN ke listrik searah. Dioda ini punya sifat unik, bisa melewatkan arus positif tapi menghentikan arus negatif. Sehingga kita selalu bisa mendapatkan arus searah yang positif.

Hidup ini bisa positif tapi bisa juga negatif. Kita tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi.

Tapi kita bisa memilih menjadi seperti dioda. Yang melalukan yang positif dan menghalangi yang negatif. Jadi meskipun semua hal, positif atau negatif, bisa terjadi dalam hidup kita, kita selalu bisa senang. Positif. Karena kita “dioda”

Saya kira kita harus secara sengaja melatih diri, tidak pernah mau menyerap atau menyalurkan hal-hal yang negatif. Selalu hanya mengambil yang positif saja.

Seperti dioda.

    Leave a Reply

