Aturan Main

Saya senang dengan istilah ini: aturan main. Jadi ada aturan. Tapi bukan sakral dan tidak bisa diubah, karena aturan ini buatan manusia. Dan yang paling saya senang, karena aturan ini dibuat untuk main.

Kita yang buat aturan main. Kesepakatan kita. Misalnya, bahwa tim sepak bola itu sebelas orang. Cuma kiper yang boleh pegang bola. Pelanggaran pemain bertahan di kotak pinalti mengakibatkan tendangan pinalti. Tim yang menang adalah yang mencetak gol terbanyak. Dan seterusnya.

Mengapa aturan main ini dibuat? Supaya permainan sepakbola menjadi mengairahkan bagi banyak orang. Aturan mudah dimengerti. Semua bisa ikutan. Yang menang selalu yang lebih bagus. Siap menang siapa kalah itu jelas. Dan hasilnya: sepak bola sangat digemari. Sepak bola menjadi bisnis besar. Lihat saja sampai orang berebut ingin jadi ketua PSSI.

Jadi manusia perlu mengembangkan aturan main di semua hal yang melibatkan banyak orang. Aturan berorganisasi, aturan bekerja, aturan kekuasaan, aturan keluarga, aturan dagang, aturan usaha, dan banyak lagi.

Tanpa aturan main, sekelompok orang sukar berkembang.

Tanpa aturan main, bisnis tidak bertumbuh.

Tanpa aturan main, masyarakat tidak maju.

Tanpa aturan main, politik tidak efektif.

Oleh sebab itu kita dituntut untuk mengembangkan aturan main. Inovasi aturan main. Mengembangkan permainan baru.

Mengapa hidup kita hari ini belum menyenangkan? Belum istimewa? Belum menggairahkan?

Buat saya jelas: karena belum ada aturan main yang asik. Aturan main yang ada sekarang, yang mengatur kehidupan kita sehari-hari, tidak membuat kita berkembang. Tidak membuat kita excited. Tidak membuat masa depan kita cerah.

Mari kita terus kembangkan aturan main yang inovatif. Minimal bagi diri sendiri. Syukur-syukur bisa diterapkan dalam kelompok teman dan kolega kita. Idealnya aturan ini menular kepada banyak orang.

Dan yang terpenting, aturan ini adalah aturan main. Sehingga kita selalu bisa asik bermain sepanjang hidup. Seperti pemain bola itu.


  1. aturan dibuat untuk dipatuhi.. kalo ndak adaaturan yg ndak bisa jalan.. ruwet semua ntar

  2. aldo

    like this.
    Btw.. boleh tau ga Pak, contoh aturan main Bapak yg sederhana, praktis, asik dan yang pasti inovatif ? Siapa tau bisa diterapkan ke diri pembaca, termasuk saya.

    Thanks,




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: