Roda 4 P

Sebagaimana sebuah mesin 4 tak, kita juga perlu memutar sebuah roda 4 fasa dalam diri kita. Keempat fasa dari Roda 4P kita itu: persepsi, pengetahuan, plan, dan picu.

Pertama kita berada dalam fase persepsi. Persepsi itu kemampuan untuk menafsirkan keadaan sebagai peluang. Ini kemampuan membaca situasi, mencari celah, mengevaluasi keadaan, dan melihat kesempatan.

Kedua kita memasuki fase pengetahuan.  Kita mengingat kembali pengetahuan yang sudah kita pelajari. Atau pengalaman kita. Atau pengalaman orang lain. Teruitama pengetahuan terkait dengan merealisasi peluang tadi itu.

Ketiga kita masuki fase plan, perencanaan. Ini proses kreatif dimana kita membuat atau menginovasi langkah-langkah yang hendak kita buat untuk merebut peluang ini. Plan kita berbasis pengetahuan kita di fase dua itu.

Keempat kita melakukan picu, trigger, aksi, tindakan. Ini proses perbuatan melakukan langkah-langkah yang sudah kita rencanakan itu.

Dalam praktek, peluang itu bisa membutuhkan usaha yang besar. Untuk itu roda 4P ini harus kita putar berulang-ulang kali. Kita semakin pintar. Persepsi kita semakin tajam. Pengetahuan kita semakin banyak. Plan kita semakin kreatif. Picu atau trigger kita semakin presisi.

Dengan memutar roda 4P ini berulang-ulang maka dengan berjalannya waktu niscaya kita bisa menggapai cita-cita dan aspirasi kita.


  1. Modal awal untuk menjadi pengusaha sukses nih Pak …
    Kalau gt tunggulah hasilnya tahun depan Pak … 😀

    • azrl

      hehe siip




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: