Grow

Yang harus bertumbuh dalam hidup kita itu: keberanian.

Saya tidak bicara soal berani menantang bahaya, atau berani menyakiti orang lain.

Saya bicara tentang berani dalam memperluas daerah nyaman kita.

Orang membagi dua daerah kehidupan: daerah nyaman dan daerah tidak nyaman. Daerah nyaman itu daerah kehidupan yang kita sudah terbiasa. Kita lakukan setiap hari. Sudah pasti.

Di luar daerah nyaman kita takut. Ngeri. Daerah tidak nyaman.

Itu harus kita atasi. Bahkan ada nasehat ekstrim: kita hanya lakukan hal-hal yang kita takut. Apa yang kita takuti, itulah yang harus kita lakukan. Bahkan tentara pasukan khusus itu dilatih secara insting untuk mendatangi sumber bahaya dan menaklukannya.

Meskipun saya tidak menganut paham se-ekstrim itu, tapi saya belajar untuk mempertanyakan semua yang tidak saya senangi. Yang saya takuti. Mengapa saya merasa malas melakukannya? Dari situ saya mengenali ada bahaya yang betulan, dan ada bahaya yang khayalan. Kalau bahaya itu khayalan, maka saya mengubah pikiran saya dengan membayangkan asiknya kalau saya berhasil melakukan hal itu. And I will do it

Jadi luasnya kehidupan kita adalah luasnya daerah nyaman kita. Caranya adalah dengan menjelajahi, satu-per-satu tiap hari, daerah yang membuat kita tidak nyaman.  Kita mengganti nama daerah tidak nyaman menjadi daerah keberanian. Kita mendatanginya. Menaklukkannya. Mengubahnya menjadi daerah nyaman baru.

Begitu cara kita bertumbuh…


  1. saya suka istilah Bapak!

    berani dalam memperluas daerah nyaman

    instead of

    berani meninggalkan daerah nyaman

    =)




Leave a Reply

