Konsep Pensiun?

Pensiun itu konsep barat, yang kurang cocok di Indonesia.

Konsep pensiun itu begini: Orang disuruh kerja tekun puluhan tahun. Sambil menyisihkan sebagian gajinya untuk dana pensiun. Di umur tertentu (katakanlah 55 tahun atau 65 tahun) dia tidak perlu lagi bekerja. Tapi nanti dia tetap menerima uang pensiun sampai meninggal. Jadi ada jaminan hari tua baginya.

Oleh sebab itu, selama dia bekerja, sebagian penghasilannya harus disisihkan untuk mengisi celengan pensiun. Karena nanti gaji pensiunnya diambil dari celengan ini.

Dalam prakteknya, konsep ini amat memusingkan. Uang di dalam celengan tidak selalu cukup untuk membayar kewajiban dana pensiun. Akibatnya dana pensiun ngutang: dana hari ini diambil dari cicilan pensiun pekerja yang masih aktif. Maka saat mereka pensiun nanti, uangnya sudah tidak ada.

Sebenarnya sebagai orang timur, kita punya budaya lain: anak kecil dipelihara orang tua, dan nanti pada gilirannya anak ini akan memelihara orang tuanya kalau mereka sudah tidak produktif.

Ini jauh lebih sustainable.

Jadi orang dewasa yang produktif menanggung dua generasi: anaknya dan orang tuanya. Dan nanti anaknya menjadi dewasa dan melakukan lagi kewajiban yang sama. Begitu caranya.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita harus selalu memberikan yang terbaik untuk anak kita. Agar saat dewasa ia menjadi produktif dan mampu menyisihkan kekayaannya untuk menanggung kita yang sudah tua. Dan kita sendiri harus menjadi contoh bagi anak kita dengan menanggung orang tua kita.

Memang syukur-syukur kita juga bisa mendapat uang pensiun dari tempat kerja kita. Tetapi kita sama-sama tahu bahwa uang itu tidak akan cukup. Kita bisa berusaha berinvestasi sana-sini untuk jaminan hari tua kita.

Tapi tetap jaminan hari tua kita yang terbaik adalah hasil investasi kita pada generasi berikut.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: