Duluan Ayam atau Telur?

Duluan mana: ayam atau telur? Jawaban yang ilmiah adalah telur.

Memang harus tanya dulu, mau jawaban yang ilmiah atau yang berbasis keyakinan?  Kalau berdasarkan keyakinan atau kepercayaan, ya tentu cek saja keyakinan kita apa. Kalau kita yakin bahwa ayam diciptakan langsung, tentu jawabannya: ayam. Kalau kita yakin bahwa Tuhan menciptakan ayam melalui telur, maka telur yang duluan.

Tapi asumsi orang yang nanya itu anak kecil, yang tulus ingin tahu. Maka kita perlu menjawab dengan hati-hati.

Pertama, tanya dulu maksudnya dengan telur itu yang mana. Menurut Christopher Langan, ada empat macam telur yang dimaksud orang saat bertanya seperti ini:

  1. Telur jenis apapun.
  2. Telur yang dihasilkan induk ayam.
  3. Telur yang mengandung anak ayam.
  4. Telur yang dihasilkan induk ayam dan mengandung anak ayam.

Kalau maksudnya telur nomer (1), maka jelas duluan telur. Karena dinasourus itu bertelur. Dan Dinosaurus sudah ada berjuta tahun sebelum ada spesies ayam.

Kalau maksudnya nomer (2), maka duluan induk ayam, berdasarkan alasan semantik. Maksudnya: dari kalimat itu dapat disimpulkan bahwa ada induk ayam yang menghasilkan telur yang ia maksudkan. Jadi duluan induk ayam.

Dengan alasan yang sama, untuk kasus nomer  (4), duluan induk ayam.

Tapi umumnya orang bertanya dengan tulus itu me-refer ke telur nomer (3). Nah untuk kasus ini, jawaban ilmiah saat ini adalah: duluan telur.

Penjelasannya adalah bahwa spesies ayam itu terjadi akibat mutasi. Dan mutasi terjadi bukan pada induk, tapi pada saat terjadi pembuahan. Pada anak, bukan induk. Dan itu terjadi mulai dalam telur. Artinya spesies ayam itu mulai terjadi di dalam telur. Saat menetas, terdapatlah seekor ayam yang yang berbeda spesies dari induknya.

Jadi duluan mana:  ayam atau telur?

Telur.


  1. aespe

    salah pak, yg bener barengan, bareng nasi goreng, kerupuk, timun ama jeruk anget, nyamnyam…

  2. kamal

    Terus sebelum telur dikeluarkan dan menetas menjadi ayam, hewan yang mengandung telur tersebut apa dong? Apakah Spesies yang belum bermutasi dan belum menjadi ayam? Setahu saya, kalau pun bermutasi, maka perubahan hewan tadi belum tentu berubah drastis sehingga sangat berbeda dengan induknya.. saya percaya, sebelum telur itu lahir dan menetas, yang mengandungnya juga ayam… meskipun belum bermutasi seperti ayam yang dimaksud, saya percaya bahwa itu ayam. Tasalsul… seperti siklus… susah untuk memotong mana titik awal dan titik akhirnya.

  3. Menurut sy,
    Terjadinya anak ayam, bukan karena mutasi, tp karena pembuahan, mungkin yg dimaksud adalah mitosis (?).
    Tp kalau soal menghasilkan anak ayam yg berbeda spesies dengan induknya, sy kira keliru, mereka tetap species yang sama. Bukti kalau itu species yg sama, dipastikan bahwa anak yg dihasilkan, akan dapat menghasilkan keturunan lagi.
    Tp kalau perkawinan dari berbeda spesies (spt zebra dengan keledai), ini baru menghasilkan species yg mengalami mutasi. Dan untuk jenis hewan ini, tidak akan menghasilkan keturunan baru.
    He he he … sy maklum pak, bpk pakar TIK koq he he he … Satu lagi, sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah kalau dinosaurus ada sebelum ayam loh pak. Kalau pun ada, itu kan cuma dari kalangan evolusionis.
    Jawaban saya, duluan ayam. pis pak … salam.

    • salah seharusnya ayam yang tercipta duluan karna :
      misalnya : kita pasti prnh liat telor ayam dong! cangkang telur ayam hanya bisa di bentuk di perut ayam
      simpel kan??

  4. azrl

    @harjo, thanks untuk komen nya.
    Jadi ayam itu sudah ada sejak dulu dalam bentuk yang kita kenal sekarang?

    • Betul pak.
      Kalau dinosaurus dulu, baru ayam (burung), lihat saja bagaimana kebingungannya orang orang evolusionis di NGI edisi Feb 2011 yg ditulis oleh Zimmer itu. Tentu mereka tidak menggunakan istilah bingung, tetapi menggunakan bahasa “tercengang”. Kenapa bingung, karena mereka sudah terjebak, bahwa harus dinosaurus dulu baru ayam. Sehingga ketika ditemukan fosil yg tidak sesuai dengan paradigma evolusi, mereka akan membuat teori baru lagi, lagi, dan lagi. Walaupun sudah terbukti teori itu keliru, mereka kekeuh mencari cara yg ujung2nya tetap mendukung Teori Evolusi. Ketika sekarang mentok, karena penemuan Anchoirnis, mereka mencari cara baru dengan mengemukan teori baru, yg disebut: Melanosom.
      Saya memang berniat memposting tentang ini sejak akhir Januari lalu, tetapi kebetulan ada tema yg lebih menarik, yaitu tentang Evolusi Kuman … yg diiklankan sabun mandi,. Jadi saya nulis itu lebih dulu. Tadi sore baru dikirim ke sebuah harian, semoga dimuat, kalau gk dimuat sy posting di blog aja … 🙂

      • azrl

        Burung memang ada dari jaman dinosaurus dulu. Tapi ayam?

        Mas, kalau teori evolusi salah, teori apa yang mau menggantikan teori evolusi?

  5. harriman

    nice share pak🙂 salam kenal

  6. http://kaskusnews.us/2010/07/15/mana-duluan-ayam-atau-telur-ini-jawabnya/

    • azrl

      @Rudy: ini untuk kasus telur (2) dan (4) kan ya

  7. @Pak AZRL, punten nih pak … 🙂 sy coba jawab ya Pak …
    burung dan ayam, termasuk ke dalam satu kelas, Aves. Bicara soal “sejarah evolusi” ayam, otomatis sama halnya dengan sejarah burung.
    Alternatif Teori evolusi? Nah ini saya bingung jawab nya …
    terlalu luas, tergantung, evolusi apa dulu Pak. Di dalam evolusi burung/ayam sendiri pun ada beberapa alternatif teori evolusi, yaitu:
    1. Teori Thecodonta
    2. Teori Ostrom
    Keduanya memang termasuk teori evolusi, saya tolak, karena alasan Ostrom lah sehingga saya tolak Thecodonta. Sedangkan OStrom saya tolak, karena menggunakan alasannya teori Thecondonta. Tetapi keduanya tetep saya tolak hehehe … alternatifnya? nah loh 😦

    Kalau ditanya alternatif teori evolusi,itu memang bingung cara menjawabnya Pak …

    Tetapi Khusus evolusi kuman, alternatif teori evolusi adalah Teori Opteron. Dan itu bisa dibuktikan. Pasti!

    • azrl

      @mas Harjo, memang membingungkan karena orang tidak mau menggunakan kerangka metateori.

      Perdebatan tentang teori evolusi itu pada akhirnya tiba filosofi tentang realitas. Teori tentang realitas. Metateori: teori tentang teori. Teori evolusi baru bisa dibilang salah apabila ia melanggar teori tentang teori. Dan ini sudah ranah filsafat.

      Selain matematika, metateori itu membutuhkan teori informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya komputasi dan bahasa (logic dan predicate logic). Tanpa teori informasi dan bahasa ini, kesimpulan akan sukar didapat. Perdebatan ilmiah, termasuk soal teori evolusi, menjadi membingungkan. Seperti orang bertengkar akibat beda bahasa.🙂

      Misalnya ayam vs burung. Jenis telur yang mana. Realitas versus sejarah. Teori versus realitas. Realitas versus keyakinan. Informasi vs fakta. Obyektif vs kesadaran. Semua ini membutuhkan filsafat teori informasi dan komunikasi/bahasa.

      Anyway, teori evolusi itu tidak saja berlaku di biologi, tapi juga di fisika, ekonomi, sosial, bahkan teknologi. Kalau kita amati, produk-produk teknologi informasi yang laku sekarang ini, terlihat konsep evolusi in action…🙂

      Jadi teori evolusi itu sudah menjadi fundamental principle, sama seperti thermodinamika, entropi informasi, dsb
      Salam saya

  8. duluan ayam atau telur.. silahkan ditanyakan langsung saja pada yang bersangkutan.. hihi..
    nice post.. salam sukses

  9. “duluan ayam atau telur?” selain berarti lebih dulu mana (ayam/telur) yang ada/tercipta, lalu bisa juga berarti.

    Duluan ayam yang berlari atau telur yang menggelinding, yang akan sampai di garis finish? (balapan antara ayam vs telur)

    hehehe

  10. Bingung juga kalau ada yang nanya duluan mana, ayam atau telur, tapi untung nya nyampai di sini, jadi bisa jelasin kalau ada yang nanya, salam.

  11. Sudah lama gk posting nih pak, saya tunggu loh tulisan-tulisannya yg memotivasi … semoga sehat-sehat aja ya …
    Btw, sy baru posting mengenai topik sejenis di blog saya Pak, semoga bapak ada waktu untuk membacanya. Salam, HJ

  12. Ha ha ha ha, menarik. Saya tidak pakai semua teori di atas; saya hanya menggunakan proses penciptaan. Tatkala seseorang (mungkin awalnya hanya satu orang yang menyebutnya sebagai ayam), maka ia adalah tetua. Dan sebagai tetua, maka secara teori penciptaan oleh Tuhan, maka keduanya minimal diciptakan berpasangan. [menyimak bahwa yang dimuat di dalam kapal Nabi Nuh, itu berpasangan].

    Berdasarkan semua itu, maka pasti tetua dulu, baru turunannya. Ayam dulu, baru telurnya.

    Namun, bagaimana dengan satu jenis ayam yang tidak bertelur [seperti ayam kampus]?

  13. Faid Zedenk

    Ada2saja………!

  14. Irfangi

    gitoo aja xo repot,tergantung orang itu ngomongnya duluan mana?
    Ayam atau telur,telur atau ayam.Kata pertama yang benar.

  15. jdi bngung, ada blog laen ada yg jwb dluan dan ada yg jwb dluan telur, sebenarnya duluan mana sih????

  16. Janos

    Tampak nya teori evolusi darwin adalah benar kalau tidak minimal relliable dibandingkan teori lain . Duluan telur




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: