Saya Pilih Android Ketimbang Ipad

Setelah berpikir-pikir, saya memilih untuk membeli tablet Android seharga Rp. 3.99 juta ketimbang Ipad seharga Rp 4.75 juta.

Kebetulan akhir tahun lalu ada budget dari kantor saya yang bisa digunakan untk membeli tablet PC. Sudah lama saya ingin Ipad dari Apple. Kayaknya bagus, dan menyenangkan. Dan harga sudah di bawah Rp 5 jt di toko Apple di kampus ITB.

Tetapi kemudian muncul produk lokal tablet Android 2.2 (fozen yoghurt, froyo), 7 inch di pamerkan di BEC Bandung. Harga Rp 3.99 jt, dan semasa promosi, mendapat gratis Internet unlimited dari operator 3 selama 6 bulan (senilai kurang lebih Rp 500 ribu).

Akhirnya saya pilih tablet Android, terutama untuk alasan produktivitas.

Ipad memang lebih besar (10 inch) dengan warna display yang keren abis. Buat baca buku elektronik, mantap sekali. Cuma saya tidak bisa berproduksi apa-apa di situ. Saya merasa bakal dimanjakan menjadi konsumen. Konsumtif. Terlalu satu arah.

Tablet Android agak lain. Ini seperti smartphone yang dibesarkan. Saya bisa telepon dan kirim sms dari situ. Dengan kata lain, saya bisa lebih produktif untuk kerja. Dan semua fungsi yang bisa di lakukan di Ipad, tetap bisa dilakukan di Android juga.

Memang ada Ipad versi 3G. Tapi selain lebih mahal  (Rp 5.75 jt), saya dengar tetap saja tidak bisa digunakan seperti ponsel. Jadi paling-paling cocok untuk email-emailan.

Kemudian ukuran yang lebih kecil, 7 inch, juga sebenarnya optimal. Jadi praktis, seperti menenteng diary. Dan betul, saya membawa tablet ini tiap hari untuk kerja. Berarti tablet ini betulan terpakai dan produktif.

Setelah hampir dua bulan menggunakan tablet Android ini, saya berkesimpulan it was a right decision for me.

  1. Perlu iPad untuk verifikasi kesimpulan Bapak nih… 🙂

    • azrl

      🙂 nah kalau Ipad vs MacBook air, saya pilih macbook air..

      • macbook air? yakin pak? 😀

        guyonan dari toshiba… “cut the size, not the feature” 😆

  2. samsung galaxy tab maksudnya pak? udah turun sekali ya harganya klo iya




Leave a Reply

