Big Person

Kita bisa melihat orang besar dari tindakannya pada hal-hal kecil. Saat orang mengecilkan kita, di situ kita tahu kita orang besar atau tidak.

Ada kisah tentang seorang jenderal bintang empat diperlakukan seperti pelayan restoran. Ceritanya celana seragam jenderal itu sangat mirip dengan seragam pelayan suatu dinner.  Jadi tidak sengaja seorang tamu memberikan order, minta minum kepada jenderal ini. Dengan santai Jenderal ini pergi mengambilkan minum untuk tamu tersebut, yang panik saat tahu ia menyuruh seorang jenderal. Tapi jenderal ini hanya tersenyum, dan tidak mempermasalahkannya.

Juga Karl Malone, pebasket kenamaan sekelas Michael Jordan, pernah lewat di depan bandara, dan seorang ibu mengira ia adalah porter atau petugas taksi. Maka ibu ini meminta Karl membawakan kopernya ke taxi. Dengan senang hati, Karl Malone menaikkan tas itu ke bagasi. Saat ibu mau memberikan tips, dengan sopan Karl Malone menolak, dan menjelaskan siapa dirinya.

Tapi sebaliknya, ada penyanyi yang hendak masuk di suatu acara. Petugas di pintu tidak mengenalinya, dan dengan gugup bertanya, anda siapa. Dengan marah sang penyanyi segera menyelonong masuk, mencari panitia, dan memerintahkan agar petugas di pintu segera dipecat.

Saya kira begitulah, besar kecil nya seseorang terlihat saat mengalami perlakuan “merendahkan” dari orang lain. Kalau kita panik, dan bereaksi keras untuk mempertahankan “kebesaran” kita, maka kita sebenarnya orang “kecil”. Tapi orang besar yang sebenarnya itu tetap bereaksi sopan dan anggun saat disepelekan orang lain.

Kebesaran orang terlihat saat ia berbesar hati manakala ia dikecilkan.

Kekerdilan orang terlihat saat ia membesar-besarkan hal sepele.


  1. Wah, jleb banget nih pak.🙂 Ijin share link blog bapak di FB saya ya pak.

    Salam

    Adin

  2. Masuk banget Pak….
    Ijin masukin beberapa potong kata-kata dahsyatnya ke blog saya pak…

    Salam hormat
    Edith

  3. azrl

    @coxon n @dith: silahkan, dengan senang hati. thanks for visit

  4. your good

  5. yeah nice

  1. 1 Jangan Berharap Dihargai Orang Lain « Sekedar berbagi cerita

    […] lagi, barusan saya baca blog salah satu dosen saya dulu… Dalam postingan terbaru beliau, berjudul “Big Person”… isinya sangat mirip dengan […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: