Maintenance Free

Perkawinan itu harus dipelihara. Karena istri atau suami itu bukan batere aki, yang bergaransi maintenance free

Anda sudah menikah? Banyak selamat. Anda ada pada jalan yang benar untuk hidup berbahagia.

Tapi saya pikir, kita ini manusia, yang punya kehendak sendiri. Kalau kita tidak melatih diri, maka kehendak kita dengan pasangan kita menjadi tidak kompatibel. Tidak cocok. Tidak saling mengisi.

Saya amati, kehendak kita dikendalikan oleh hati dan pikiran kita. Otak kita. Dan otak kita itu terdiri dari jaringan neuron. Jaringan neuron ini yang harus dilatih, untuk membangun relasi.

Modal awal kita itu cinta. Kasih sayang. Keinginan kita untuk melihat kekasih hati kita itu bahagia, tumbuh, dan berkembang. Mencapai impiannya. Mencapai aspirasinya.

Saya sudah beberapa kali nonton film kartun Pixar berjudul “Up, Up, and Away”. Selalu meneteskan air mata.

Ini kisah Carl, seorang Bapak yang merasa telah gagal membawa Ellie, istrinya, menggapai impiannya. ceritanya sejak kecil Ellie dan Carl ingin bertualang, pergi mencapai ujung dunia bernama Paradise Fall. Ellie bahkan menyiapkan album kosong yang akan ia isi dengan foto momen-momen bahagia saat ia bisa mencapai impiannya itu.

Cuma realitas hidup membuat Carl dan Ellie tidak mampu pergi ke sana. Mereka sibuk dengan masalah rumah tangga. Dari punya rumah, keguguran, sampai Ellie menjadi tua dan sakit. Tabungan untuk bertualang habis untuk mengobati Ellie. Akhirnya Ellie meninggal, dan Carl menjadi orang tua, duda dengan hati yang pahit.

Melalui suatu peristiwa yang menekan Carl, ia memutuskan untuk pergi ke Paradise Fall membawa foto dan album Ellie. Melalui petualangan yang luar biasa, dan lucu, ia berhasil tiba di Paradise Fall, lengkap dengan rumah dan foto album Ellie.

Betapa kagetnya Carl saat ia kemudian membuka album Elli, ia menemukan bahwa seluruh halaman album foto Ellie ternyata sudah penuh. Penuh dengan foto-foto Carl. Momen bahagia impian Ellie adalah momen saat dia berada bersama Carl. Pada saat Carl tidak pernah berhenti menjaga, menemani, dan memelihara Ellie…

Buset deh, ini kan film kartun? Kok bisa sangat mengharukan begini…

Tapi itulah. Kebahagiaan sejati itu bukan dari kita menaklukan Paradise Fall. Tapi pada saat kita menaklukkan diri sendiri, dan mengurusi kebahagiaan kekasih hati kita.

Jadi kita tidak bicara batere mobil, yang bisa maintenance free.

Karena kebahagiaan itu ada pada saat kita boleh mengurusi kekasih hati kita….


  1. sudah nonton Pak… saya nggak nyangka perhatian Bapak lebih terpusat ke Carl (yang lebih sering dipanggil Mr.Fredricksen sama si Russell) dan Ellie… nice observation Pak… ^^

  2. “Buset deh, ini kan film kartun? Kok bisa sangat mengharukan begini…”

    sama komennya sama pertama saya nonton ini pak. saya kan gatau nonton apa. cuman diajak aja. kayaknya seru. =D gak nyangka bisa segitu mengharukannya film ini…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: