Berandalan Motor

Sebenarnya berandalan motor itu bukan cuma geng sepeda motor. Tapi juga pengendara motor yang ngebut dan ugal-ugalan di jalan.

Bahwa geng motor itu kriminal, saya kira sudah jelas. Mengeroyok, menganiaya, merampas, bahkan membunuh orang lain itu harus ditindak secara hukum. Kemudian tindakan preventif dan pembinaan harus dilakukan.

Tapi orang lupa, ada berandalan motor yang tidak kalah kejam. Kita yang suka ngebut di jalan. Melanggar rambu-rambu. Menyusul dari kiri. Memotong jalan orang. Kita ini tidak kalah berbahaya dibanding geng motor.

Sabtu kemarin, saya naik motor sambil antar Marco. Begitu keluar rumah di jalan Gunung Batu, saya harus merem mendadak karena ada tiga motor sedang bergerak cepat sekali. Dan saling menyusul tidak mau kalah. Padahal lalulintas di Gunung Batu itu terkenal padat. Ada delman lagi.

Baru berjalan sebentar, mendadak saya mendengar bunyi benturan yang keras. Satu dari tiga jagoan itu menghantam mobil pickup yang datang dari arah berlawanan.  Rupanya di belokan mereka tetap memacu dan tidak peduli di depan ada kendaran lain yang datang. Maka terpentallah pengendara motor itu, dan terguling dijalan sambil mengerang.

Yang lebih parah lagi adalah orang yang membonceng di belakangnya.  Setelah dilindas roda depan, tubuhnya terganjal roda belakang. Tubuhnya menjadi ganjal hidup roda pickup itu, sampai pickup itu tidak bisa maju. Saya lihat dia tidak bergerak. Mungkin sudah meninggal, atau lumpuh karena tulang punggung dilinas mobil.

Saya cuma heran, mengapa orang melakukan hal-hal seperti itu. Menjadi jagoan di jalan tanpa memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Padahal kecepatan maksimum dalam kota yang ada perumahan itu adalah 40 km/jam (menurut peraturan yang lama).

Jadi yang perlu diberantas itu bukan cuma geng motor. Tapi juga berandal motor yang melanggar batas kecepatan, serta mengemudikan motor dengan ugal-ugalan.

 


  1. ketertiban jalan untuk pengendara motor yang ugal2an yang sangat membahayakan perlu lebih diperketat lagi.. agar tidak merugikan orang lain.. sukses selalu




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: