Karya

Waktu anda habis untuk apa? Kalau untuk berkarya, anda ada pada jalan yang benar.

Kalau waktu kita habis untuk diam, bertapa, nonton, maka kita itu seperti tanaman. Pohon. Tidak maksimal.

Kalau waktu kita habis ke sana-kemari cari makan, cari kerjaan, cari santapan, cari proyek, maka kita itu seperti hewan di padang atau di hutan. Berburu. Tidak maksimal.

Tapi kalau kita mencipta, berkarya, membuat sesuatu, mengembangkan sesuatu, melayani, memberikan sesuatu, maka kita menjadi manusia. Maksimal memenuhi potensi kita.

Kelebihan manusia dibanding banyak makhluk lain adalah pada kemampuannya mencipta. Kemampuan melayani. Kemampuan mempersembahkan sesuatu yang istimewa. Jadi kalau kita giat melakukannya, maka kita maksimal sebagai manusia. Memenuhi potensi kita.

Oleh sebab itu, waktu kita harus dihabiskan untuk berkarya.

Mungkin kita bingung, karena pekerjaan kita itu sepertinya tidak memberikan peluang untuk berkarya. Di awal mungkin ya. Kita perlu tahu seluk beluk pekerjaan kita. Tapi dengan berjalannya waktu, kita semakin pintar. Makin ngerti. Maka kitapun berkarya membangun sistem. Mengembangkan pekerjaan kita. Agar pekerjaan kita tambah lancar. Tambah produktif. Tambah kokoh. Tambah luas.

Tapi ada satu karya terbesar yang harus kita lakukan seumur hidup. Yaitu mengembangkan diri kita sendiri. Saat kita dipanggil menghadapNya, kita sudah bertumbuh menjadi manusia besar. Manusia yang memenuhi kehidupan ini.

Jadi kita harus terus berkarya mengembangkan diri sendiri, agar mampu hidup, sehidup-hidupnya. Situasi dan keadaan di sekitar kita hari ini mungkin saja tidak sebaik kemarin. Tetapi, sebagai manusia, diri kita hari ini harus lebih baik dari kita yang kemarin.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: