It is easy to quit

Jalan keluar paling gampang dari semua masalah adalah kabur, quit. Tapi kita akan menyesal bilamana akhirnya kita tahu bahwa saat kita kabur itu kita sebenarnya sedang winning.

Saya kira jelas. Kalau saya akan berhadapan seorang diri dengan seekor singa lapar, sebaiknya saya cari akal untuk kabur. It is not worth it.

Tapi jarang sekali hidup itu tentang berhadapan dengan singa lapar. Tidak pernah seumur hidup saya berjumpa singa lapar. Paling-paling mereka dikerangkeng di kebon binatang. Atau saya aman berlindung di dalam mobil di taman safari.

Dalam hidup, singa yang mengaum itu ada dalam pikiran kita. Sifatnya thinking. Sifatnya ide. Sifatnya omongan orang. Sifatnya perasaan. Sifatnya persepsi.

Sayangnya akibatnya sama. Prospek menghadapi kerja di kantor, relasi di jalan, kerabat di rumah, orang di lapangan, guru di sekolah, bisa dipersepsikan demikian buruk, sehingga memicu kengerian yang sama dengan prospek berjumpa singa lapar. Dan kalau dibiarkan berlarut-larut kita bisa stress, lumpuh, dan sakit fisik betulan.

Saya ingin bilang, kita boleh kabur dari singa lapar. Tapi kita harus berani berkelahi melawan singa khayalan. Dalam pikiran kita itu kita harus percaya bahwa kalau kita tulus, benar, dan baik, maka tidak ada singa yang bisa mengalahkan kita. Kita ada di pihak Tuhan gitu lho.

We are winning.

Faktanya bahwa orang benar itu sudah menang duluan. Default. Masalah yang muncul adalah things to enjoy. Karena kita sudah menang. Mau diputar balikkan bagaimana juga, kalau kita benar ya benar.

Menghadapi masalah hidup, menyerah itu yang paling mudah. Quit itu yang paling gampang.

Jangan mau. Jangan dibiasakan.

Karena anda sedang menang…




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: