Iri

Iri dengan keberhasilan orang? Cara mengatasinya yang saya bisa bayangkan adalah dengan berdoa dua hal: mendoakan dia supaya semakin sukses dan mengaku jujur pada Tuhan bahwa kita iri berat padanya…

Sekali-sekali kita tersentak ya. Bahwa ada teman kita sukses. Mujur. Maju.  Dan dia senang sekali. Wajah berseri-seri. Dan kita tentu saja ikut memberikan selamat. Ikut menyatakan kegembiraan kita. Senyum.

Sampai dia pergi untuk menikmati keberhasilannya. Dan kita sendirian.

Maka duuggg… Kita dihajar oleh pukulan rasa iri. Sirik. Nggak ikhlas.

Apalagi kalau kita merasa bahwa kita sebenarnya lebih layak untuk menerima keberhasilan itu. Merasa lebih pantas. Lebih cukup umur. Lebih baik. Lebih kerja keras. Lebih butuh. Pokoknya semua perasaan yang mengharu-birukan hati kita, yang menyatakan satu hal: kita iri.

Saya tahu gimana rasanya, karena saya juga begitu. Memberi ucapan selamat, tapi dalam hati tidak terima.

Tetapi faktanya, kita tidak tahu sebenarnya apa yang harus ia jalani, ia alami, untuk mencapai kesuksesan itu. Dan sukses itu pemberian Tuhan, jadi tidak mungkin Tuhan salah beri. Dia pasti deserves it fully.

Kemudian belum tentu Tuhan belum membeirkan sukses yang terbaik yang pas untuk kita. Bisa saja orang lain juga sebenarnya iri pada kita. Betapa tidak pantas kita merasa begitu.

Jadi kalau hati kita sudah panas begitu, mari kita duduk sembunyi dan berdoa. Mendoakan dengan sungguh-sungguh supaya orang itu mendapat kesuksesan yang lebih besar lagi. Kemudian kita mengaku padaNya betapa sirik hati kita. Nggak terima. Nggak ikhlas. Minta Tuhan saja yang tahu perasaan yang memalukan ini. Kemudian minta Ia membukakan mata kita untuk melihat betapa tidak pantas kita iri pada orang itu.

Then we say thanks...

Karena untuk hal sukses dari Tuhan itu, semua pasti kebagian.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: