Elite

Banyak yang terpanggil, sedikit yang terpilih. Menurut sebuah riset, hanya lima persen dari populasi yang bisa tumbuh unggul. Cuma lima persen yang bisa menjadi kaum elite.

Untuk menjadi unggul, istimewa, orang harus berani berubah. Mengubah sikap, mengubah diri, mengubah perilaku, mengubah kekuatan fisik. Sebab hanya melalui perubahan diri inilah orang bisa menjadi unggul. Nasib berubah karena kita berubah.

Persoalannya umumnya orang tidak mau berubah. Ia nyaman dengan apa yang sudah ia punyai sekarang. Ia hidup menurut kebiasaan.

Sebagian orang sebenarnya menyadari bahwa ia tidak puas dengan keadaannya. Ia tidak ingin menjadi orang biasa-biasa saja. Untuk itu ia tahu ia perlu berubah. Minimal nasibnya berubah.

Sayangnya, dia berhenti sampai di situ. Hanya pada keinginan. Ia tidak bersedia melakukan apa-apa yang bisa mengubah nasibnya. Apa-apa yang bisa mengubah dirinya.

Kalau kita ingin mengubah diri kita, maka kita harus latihan. Kita harus belajar. Kita harus praktek. Kita harus mencoba. Kita harus menyerap best-practices. Kita harus ikut kursus. Kita harus berguru.

Otot harus ditumbuhkan. Otak harus di rewired. Hati harus diperbesar. Nyali harus diperkuat. Dan tidak mungkin ini dilakukan tanpa latihan.

Pokoknya kita harus menghajar diri kita, pikiran kita, tubuh kita, kepercayaan kita, sistem berpikir kita, rasa takut kita, sistem nilai kita, sedemikian rupa sehingga kita berubah. Terus menerus.

Dan hasil riset mengatakan, hanya lima persen orang yang tahan. Hanya lima persen orang yang mampu memaksa dirinya untuk tidak mundur, tidak quit, tidak nyerah. Hanya lima persen yang mampu menghadapi rasa takutnya dan terus melangkah. Hanya lima persen yang mampu mengatasi kebosanannya untuk terus latihan.

Tidak heran, kemudian hanya lima persen populasi yang berhasil menjadi elite.

Oleh sebab itu, rahasia untuk menjadi unggul, menjadi elite, adalah berhasil menjadi panglima bagi diri sendiri. Berhasil menjadi komandan dari diri sendiri. Berhasil menjadi atasan bagi diri sendiri. Mampu patuh pada instruksi yang datang dari ideal kita. Meskipun dipenuhi rasa takut, tetap patuh pada instruksi ideal kita.

Jadi terserah anda. Mau jadi elite atau tidak. Kalau mau, jangan pernah menyerah dalam memperjuangkan hal-hal yang ideal untuk diri anda.


  1. Som

    Semangat juangnya itu yg kadang timbul tenggelam




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: