Engaged

Keberhasilan pekerjaan kita ditentukan seberapa besar ketekunan kita. Seberapa besar kita engaged. Untuk itu kita perlu mencintai pekerjaan kita itu.

Orang dengan impak luar biasa seperti Edison, Ford, sampai Bill Gates punya satu hal yang sama: fokus dan intensitas kerja yang luar biasa. Sampai-sampai lupa waktu dan lupa akan hal-hal lain di luar pekerjaan utamanya.

Sayangnya kita sering menyalahgunakan nasehat seperti: hidup harus seimbang, jangan terlalu banyak kerja, harus have fun, harus diversifikasi. Nasehat itu membuat kita tidak fokus, tidak berani komit, dan melakuan terlalu banyak ragam pekerjaan.

Akibatnya kerjaan kita tidak istimewa.

Untuk bisa menekuni kerja, kita harus mencintai dan menikmati pekerjaan itu. Kita harus mencintai dan menikmati pergaulan dengan orang yang terlibat dalam pekerjaan kita itu. Kita harus mencintai dan menikmati prosesnya. Kita harus mencintai dan menikmati hasil-hasilnya.

Bayangkan seorang penyanyi yang menyukai suaranya sendiri. Yang menyenangi lagu-lagu yang ia nyanyikan. Yang menikmati getaran nada suara dari mulutnya. Yang menjadi fans nomer satu bagi dirinya sendiri. Maka penyanyi ini akan latihan dan manggung tiap saat. Tidak mau berhenti. Engaged. Akhirnya ia akan menjadi penyanyi yang bagus dan hebat.

Kita perlu menggunakan metafora itu. Kita suka kerja kita. Kita senang aktivitasnya. Kita menikmati hasilnya. Kita perlu menjadi fans nomer satu atas diri kita. Maka kita tidak bisa berhenti mengerjakannya. Senang. Engaged. Akhirnya kita menjadi pekerja yang sangat profesional di bidang kita itu.

Jadi kalau anda mengerjakan sesuatu, apapun, bayangkan diri anda menjadi penyanyi itu. Penyanyi yang sangat menyenangi suaranya. Atau koki. Koki yang sangat menyukai masakan sendiri. Dan anda tidak peduli waktu. Tidak peduli hal lain. Menikmati setiap detail dari kerjaan anda.

Maka anda akan engaged. Hasilnya anda akan sukses, sekaligus happy.


  1. memang bner klo diri qta tuh hrz jd suporter yg pertama d utama bagi diri qta sendiri




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: