Liburan

Apa yang anda lakukan selama libur ini? Semoga libur anda menyenangkan. Perjalanan mudik selamat dan lancar. Saya sendiri tinggal di rumah, mencoba menyelesaikan sebuah buku.

Sudah lama saya ingin membuat buku teks untuk membantu mahasiswa dalam kuliah saya.  Semester ini saya berkesempatan mengajar Digital Signal Processing.

Konon ada tiga cara belajar yang sukses: learning by doing, learning by teaching, dan learning by exams. Saya mencoba pendekatan ini. Jadi mahasiswa belajar sendiri, kemudian menjelaskan pada rekannya, mengerjakan tugas dan proyek, kemudian mengikuti banyak ujian.

Pendekatan ini membutuhkan dukungan buku teks yang efektif, artinya bisa menjawab kebutuhan belajar mahasiswa sendiri.

Jadi saya menggunakan seminggu libur ini untuk membuat sebuah buku teks, khususnya desain filter digital menggunakan transformasi frekuensi. Ini diperlukan untuk mengerjakan proyek bab-bab terakhir nanti.

Karena banyak persamaan, saya menggunakan Lyx. Sebenarnya saya sangat terkesan dengan Office 2007 dan Office 2010. Kedua program ini sangat bagus untuk membuat dokumen yang sarat dengna persamaan matematika dan gambar. Tapi saya sudah terbiasa dengan Lyx, dan karena waktu tidak banyak, maka saya stick dengan Lyx. Semoga buku ini bisa selesai sebagai hadiah Lebaran dari dan untuk saya.

Selamat menjelang Idul Fitri, hari kemenangan bagi umat Muslim sedunia…


  1. Supardi M.

    Waoooooooooohh, hebat pak. Sementara yang lain asyik dngn libur lebaran,Bapak malah asyik dengan buku teksnya. Selamat menikmati penyelesaian bukunya. God Bless …..

  2. poengo

    saya kebetulan mengambil kuliah bapak.
    hmm ditunggu pak buku teksnya🙂

    biasanya orang Indonesia jarang yang berminat membuat buku teks pak. di toko-toko buku, yang banyak malah buku-buku yang mengulas trik dan cara cepat dalam mengatasi berbagai persoalan, terutama di bidang informasi dan komputer. pemahaman bukan jadi fokus utama, sayang sekali.




Leave a Reply

