Sistem

Kalau anda punya cita-cita besar atau ingin keluar dari masalah yang berat, maka anda perlu sistem.

Rabu pagi minggu lalu di Bandung saya menerima kabar dari Tomohon bahwa ayah sakit keras, dan saya harus segera datang.  Dalam hati saya bertanya, apakah saya bisa datang hari itu juga? Ternyata bisa. Malam itu juga saya sudah ada di Tomohon.

Saya cek pesawat lewat Internet. Saya beli tiket lewat agen. Saya bayar dengan kartu kredit. Saya pesan travel lewat SMS. Saya diantar Ina ke pick-up point travel. Saya ke bandara naik travel. Saya naik pesawat terbang sampai ke Manado. Dan saya dijemput sopir sampai tiba ke rumah sakit Bethesda Tomohon.

Saya bisa melakukan semua itu dalam waktu dua belas jam.

Sesuatu yang tidak mungkin saya lakukan tanpa sistem. Sistem reservasi. Sistem penerbangan. Sistem transportasi. Sistem finansial. Sistem kekerabatan dan sosial.

Sistem mengkonfigurasi dan mensalurkan kekuatan-kekuatan alam dan sosial (natural and social forces) sehingga ia bisa bekerja untuk kita. Sistem menyalurkan tenaga-tenaga yang tersedia di alam dan masyarakat untuk membantu kita mencapai mission impossible.

Jadi kalau anda harus menjalankan tugas berat, tugas rumit, tugas sukar, maka pastikan anda memiliki sistem untuk mengerjakannya.

Kalau anda ingin mencapai impian anda, cita-cita anda, aspirasi anda, dan keinginan anda yang besar dan hebat, maka pastikan anda memiliki sistem.

Oleh sebab itu pengetahuan kita akan sistem yang bisa bekerja untuk kita itu amat penting. Kita perlu menghabiskan hari-hari kita membangun sistem. Maka akan tiba waktunya sistem itu terbangun, dan anda bisa mengendarainya mencapai cita-cita anda.

Pekerjaan yang mulia itu apa? Pekerjaan yang mulia adalah pekerjaan yang membangun sistem sehingga orang lain bisa mencapai impiannya.




    Leave a Reply

