Surprises

Kita harus belajar cara membuat kejutan. Nice surprises.

Bayangkan membaca novel, yang isinya kita sudah tahu. Atau menonton film horor yang ceritanya kita sudah tahu. Mendengarkan pengumuman juara, yang isinya kita sudah tahu.

Garing kan ya?

Saya sempat senang nonton acara American Idol, acara TV mencari talenta penyanyi. Pesertanya semua pintar nyanyi. Apa yang membedakan penyanyi yang bagus dengan biasa-biasa saja? Bedanya: kemampuan men-surprise penonton. Kemampuan menyanyikan lagu dengan cara yang mengejutkan orang, terutama kejutan yang nice. Orang sampai tercengang, kok bisa begitu ya? Bagus sekali. Ada tingkat kesulitan yang tinggi, dan mendadak ia mampu mengatasinya dengan cantik.

Saya kira demikian juga dengan pemimpin. Mengapa pemimpin itu sering dicerca orang? Biasanya bukan karena ia tidak sanggup memimpin. Atau ia tidak melakukan tugasnya dengan baik. Sebenarnya kalau kita perhatikan, hampir semua pemimpin mengerjakan tugasnya sehari-hari. Tetapi karena prediktable, semua bisa ditebak, semua bisa diduga, maka orang jadi bosan. Orang menganggap dia biasa-biasa saja. Orang pikir, kalau cuma begitu saya juga bisa.

Tapi sama dengan kita berharap kehebatan yang mengejutkan seorang penyanyi, demikian juga kita berharap hal yang sama pada seorang pemimpin. Kita berharap ia melakukan langkah-langkah yang tidak diduga, yang berhasil mengatasi masalah bersama. Orang berharap ada tindakan kreatif yang tidak terpikirkan orang lain, sehingga suatu krisis bisa diakhiri.

Dalam banyak hal juga begitu. Orang berharap kita yang ahli dalam hal itu melakukan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Dengan kata lain kita harus kreatif, bisa men-surprise orang.

Oleh sebab itu, saya pikir, kita perlu serius belajar bagaimana cara men-surprise orang dengan tindakan dan hasil pekerjaan yang mencengangkan.

Coba pikirkan apa pekerjaan kita. Apa tugas kita. Siapa yang harus kita layani.

Maka jangan mau mengerjakan sesuatu dengan biasa-biasa saja. Cuma diulang-ulang. Tidak lebih baik dari hari sebelumnya. Orang lain aja bosan. Apalagi kita. Coba hari ini kita buat kejutan yang menyenangkan.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: