Good Work

Konon banyak orang mendapat serangan jantung di hari Senin. Mengapa? Karena banyak orang tidak menyukai pekerjaannya. Padahal setengah hidupnya itu dihabiskan di tempat kerja. Bagaimana dong?

Solusinya: lakukanlah kerja baik. Good work.

Mengapa orang masa kini harus bekerja?

Terutama karena dari bekerja, ia memperoleh gaji untuk membayar kebutuhan hidupnya. Tanpa gaji, hidupnya akan susah. Sandang, pangan, perumahan, transportasi ia perlukan. Tanpa itu orang tidak akan menghormatinya. Ia akan mengalami kesulitan cari jodoh. Ia akan disepelekan secara sosial. Jadi bekerja itu menjadi kunci hidup masa kini.

Tapi hidup bisa surprising. Secara positif maupun negatif. Pilihannya ada empat: (1) gaji besar kerjaan cocok, (2) gaji besar kerjaan tidak cocok, (3) gaji kecil kerjaan cocok, dan (4) gaji kecil kerjaan tidak cocok. Hidup bisa mengantarkan kita pada satu dari empat ini.

Idealnya tentu kita dapat pilihan (1) ya?

Horward Gardner, profesor psikologi dari Harvard, memberikan pilihan lain. Menurutnya orang perlu memilih melakukan kerja baik (goodwork). Ini didasarkan pada hasil riset berpuluh tahun tentang kesehatan dan kebahagiaan jiwa manusia.

Apa goodwork itu?

Goodwork itu pekerjaan apapun sepanjang ia memenuhi tiga ciri utama (3E: excellent, ethical, engaging):

  1. Kualitas istimewa (excellent quality), baik dalam cara bekerja maupun hasil kerja. Secara teknis pekerjaan kita istimewa, tidak sembarangan, tidak biasa-biasa saja, tidak di bawah standar. Karya kita mengundang kesan wow.
  2. Dikerjakan dengan cara yang etis dan bertanggungjawab secara sosial (ethically pursued dan socially responsible). Kita main cantik. Kita tidak melanggar hukum. Susuai nurani kita. Kita tidak menimbulkan kerusakan dalam masyarakat dan lingkungan.
  3. Membuat kita berkonsentrasi penuh, terlibat penuh, menyenangkan, sampai lupa waktu (engaging, enjoyable, dan feels good). Tidak setengah-setengah. Pikiran tidak bercabang. Kita memberikan seluruh perhatian dan waktu kita.

Menurut riset Gardner, manusia sebenarnya didesain untuk melakukan pekerjaan goodwork. Maksudnya, di luar goodwork, kita tidak memiliki integritas. Kita akan sakit.

Perhatikan bahwa tidak ada dalam kriteria goodwork soal gaji. Tapi saya pikir itu agak implisit di kriteria tiga. Jadi kalau kita tidak merasa dibayar pantas, maka kita tidak akan senang. Dan perasaan kita akan terganggu. Kita tidak bisa engage.

Tapi saya kira dalam prakteknya gaji itu ngikut. Kalau kita melakukan goodwork sebaik mungkin, secara ajaib gaji juga ikut naik, melebihi yang kita perlukan. Kalau tidak percaya, coba saja.

Jadi kita harus tanggalkan cara berpikir lama, bahwa kita bekerja untuk mendapatkan gaji. Kita adopsi hasil riset Gardner itu. Mulai sekarang kita melakukan goodwork: excellent, ethical, dan engaging.


  1. Nugie

    Like this pak !

  2. aWi

    Setuju, pak.

  3. tulisan yang mencerahkan. thanks, pak🙂

  4. lupa dulu pernah denger dari mana:

    a man’s work reflects his character

  5. chatrine

    saya setuju pak.
    blh tdk saya minta daftar pustakanya??karena saya tertarik untuk mengambil GOODWORK ini menjadi salah satu variabel dalam skripsi saya.tolong ya pak.teimakasih.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: