Manusia Otak

Sebenarnya penciptaan manusia adalah penciptaan otaknya. Otak manusia itu memenuhi seluruh tubuhnya. Orang boleh bilang manusia adalah hasil evolusi dari hewan. Itu kalau cuma lihat dari sel dan gen nya. Tapi kalau melihat otak kita bekerja, disitulah perbedaan utamanya.

Saat saya mandi tadi, mendadak saya ingat. Ternyata seluruh tubuh kita dipenuhi jaringan syaraf. Dari ujung kaki sampai ke ujung kepala.

Dan syaraf itu apa? Itu adalah semacam benang, semamcam ekor yang merupakan bagian dari sel yang disebut neuron. Dan sel neuron itu ada di otak besar, otak kecil, atau batang otak di tulang punggung. Jadi sebenarnya otak kita merambah ke seluruh tubuh kita.

Ini membuat saya menyadari bahwa yang namanya kesadaran, berpikir, dan merasakan itu terjadi di seluruh tubuh kita. Tidak hanya di kepala. Kita bisa berpikir dan berperasaan di kaki kita. Di perut kita. Di dada kita. Di mana saja.

Itulah sebabnya saat kita senang atau kaget, jantung kita berdebar-debar. Karena neuron yang terkait dengan jantung kita itu terlibat dalam proses merasa senang atau kaget.

Demikian juga dengan otak perut (guts). Otak perut (artinya kumpulan neuron yang ekornya sampai ke perut) ternyata terlibat dalam hal yang instintif, ketakutan/ keberanian, nyali. Jadi hal-hal yang kita putuskan secara instinktif itu kita sebut guts feeling. Makanya kalau anda takut terus-terusan, stress, maka akan akan mengalami gangguan pencernaan alias sakit perut.

Secara struktur neuron kita yang tertinggi ada di kepala dan tulang belakang (central nervous system, CNS). Fungsi utamanya adalah mengintegrasi dan menjadi pusat kendali.  Kemudian ada jaringan saraf di belakang otak dan tulang belakang (peripheral nervous system, PNS). Fungsi utamanya adalah komunikasi antara CNS dengan saraf lain di seluruh tubuh.

Saraf di seluruh tubuh itu terbagi dua: sensorik dan motorik. Sensorik melaporkan informasi dari tubuh ke pusat.  Motorik sebaliknya memberikan perintah dari CNS ke seluruh tubuh, terutama untuk menggerakkan otot dan mengaktifkan kelenjar.

Khusus saraf motorik, ada dua sistem yang terjadi: sistem somatik dan otonom. Sistem somatik adalah sistem motorik yang perintahnya diinisasi sepenuhnya oleh CNS, seperti mengangkat barang atau berjalan kaki. Sedangkan perintah sistem otonom terjadi tanpa perintah kesadaran, seperti denyut jantung, atau mengaktifkan kelenjar.

Sistem saraf otonom itu sendiri terbagi dua: saraf simpatetik dan saraf parasimpatetik. Saraf simpatetik memobilisasi tubuh dalam suatu aktifitas (bertarung atau lari). Saraf parasimpatetik mengefisienkan penggunaan energi, dan membersihkan tubuh saat kita istirahat.

Dan semua sistem saraf ini berada di seluruh tubuh kita.

Jadi pengertian bahwa otak kita terbatas hanya di kepala itu keliru. Kesadaran dan intelektualitas kita itu tersebar di seluruh tubuh kita. Dan sistem saraf kita yang mengendalikan semua fungsi dan kesehatan kita. Kalau kita sakit dan susah sembuh, berarti sistem saraf kita tidak berfungsi baik. Dengan kata lain kita belum melatih pikiran kita untuk membuat hidup kita sehat.

Jadi sebenarnya penciptaan manusia adalah penciptaan otaknya. Kita adalah makhluk otak.


  1. kalau menurut saya justru sebaliknya, kecerdasan itu tidak hanya ada di otak, melainkan ada di sekujur tubuh kita, termasuk otot, syaraf, hati dan jantung. orang2 jaman dahulu menganggap bahwa manusia berpikir dengan hati mereka, sementara otak hanya sebagai alat pendingin (cooling machine). penemuan jaman sekarang saja yang menganggap bahwa otak adalah pusat berpikir. cuman saya cenderung kepada bahwa sekujur tubuh kita mempunyai kemampuan2 untuk berpikir. dalam kitab2 suci atau perkataan2 orang2 suci selalu meletakkan hati sebagai pusat tubuh manusia (inti = core = cor = corazon = heart = jantung/hati). jangan2 jantung/hati kitalah yang mengatur bagaimana kita bertindak. contoh kasus: ada orang yang tabiatnya berubah setelah mengalami operasi penggantian jantung.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: