Takut Gagal?

Rasa takut gagal membuat orang tidak berani mencoba. Jalan keluarnya? Selalu melakukan sesuatu karena it is a right thing to do.
Kalau anda suka merasa takut gagal, takut melakukan sesuatu, maka anda itu sama dengan saya dulu. Entah mengapa dulu saya takut gagal. Takut malu. Takut ditertawakan. Takut rugi.

Buat saya lebih baik saya diam saja, tidak bertindak apa-apa, tidak berinisiatif, tidak ambil resiko ketimbang saya nanti susah, rugi, malu, capek, kalah. Perasaan takut itu menghambat saya untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa menguntungkan saya. Mendekatkan saya pada cita-cita. Membuat keinginan saya terwujud.

Bagaimana kita bisa mengatasinya?

Dengan bertambahnya umur, saya semakin menyadari bahwa ketakutan seperti itu tidak perlu. Yang paling penting itu kita harus tahu apa yang benar dan apa yang salah. Kita harus mengerjakan apa yang benar. Kita tidak perlu takut melakukan apa saja yang benar.

Karena sesuatu yang benar itu memiliki kekuatan yang besar. Anda bisa dikeroyok, dikerubutin orang sekampung. Anda bisa menang bukan karena kehebatan anda berkelahi, atau kecaggihan bersilat lidah. Anda bakal menang kalau anda benar.

Ada sesuatu yang hebat dari kebenaran. Ia mempengaruhi pikiran orang. Ia menerobos masuk ke dalam kesadaran. Pada saat kebenaran menusuk, orang yang paling hebat pun akan kehilangan kekuatannya. Percaya dirinya akan goyah.

Begitu anda percaya akan hal ini, maka anda akan diberikan kekuatan yang ajaib dalam melakukan apa yang benar. Dan anda melakukan itu tanpa lagi mempertimbangkan apakah akan berhasil atau gagal. Pertimbangan itu tidak penting lagi.

Karena saat melakukan apa yang benar, apa yang seharusnya, anda sudah menang, apapun hasilnya.


  1. Samuel Louvan

    Cool post Pak..

  2. Betul juga…sering orang gak mau nyoba karena takut gagal, tapi ada satu yang dapat menjadikan kekuatan untuk bertindak dan menjadikan manusia yang berhasil yaitu “Terpasa” banyak orang karena terpaksa akhirnya melakukan sesuatu yang pada akhirnya menuai keberhasilan.




Leave a Reply

