In the zone…

Mau hidup bahagia?  Anda harus berada “in the zone“…

Zona, atau daerah kebahagiaan itu bisa ditafsirkan fisik, tapi bisa juga abstrak.

Secara fisik, zona kebahagiaan anda adalah berada di lingkungan yang segar, dan cocok untuk fisik anda. Misalnya, anda tidak senang asap polusi. Ya jangan tinggal di Jakarta, yang penuh asap di luar ruang, dan penuh AC di dalam ruang. Pindah lah ke tempat yang sehat. Atau kalau anda tidak bisa pindah, ya berjuang supaya lingkungan anda menjadi lebih sehat. Tanam pohon. Bangun rumah tinggal dengan arsitektur dan bahan alamiah Indonesia. Pasang broadband dan kerja di rumah, sehingga bebas travelling.

Zona kebahagiaan anda juga berarti lingkungan keluarga dan teman. Bangun keluarga yang saling menyayangi. Saling memperhatikan. Saling mendukung. Intim. Juga bangun persahabatan yang sehat. Yang punya cita-cita luhur bersama. Saling menopang. Saling menyemangati. Kalau persahabatan anda merusak, berjuang untuk kabur dari situ.

Zona kebahagiaan anda juga ada pada keselarasan antara tiga hal: (1) kompetensi, bakat dan talenta anda, (2) kegemaran dan kesenangan, dan (3) karya pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari. Kalau ketiga hal ini pas, cocok, slearas, atau sama, maka anda berada in the zone.

Salah satu cara mengukur bahwa pekerjaan anda itu in the zone, adalah apakah anda menyenangi hasilnya. Kalau ain the zonenda menikmati makanan yang anda buat, maka anda in the zone sebagai koki. Kalau anda menyenangi alunan musik yang anda mainkan sendiri, maka anda in the zone sebagai musisi. Kalau anda senang membaca tulisan anda sendiri, maka anda in the zone sebagai penulis. Kalau anda terpukau dengan lukisan yang anda gambar, maka anda in the zone sebagai artis. Kalau anda kagum dengan produk yang anda desain, maka anda in the zone sebagai insinyur.

Kalau anda menikmati setiap karya yang anda hasilkan, maka anda in the zone dengan profesi anda.

Jadi bagaimana cara untuk berjalan mencapai the zone?

Lakukan segala sesuatu sebaik mungkin sampai anda sendiri kagum dan crazy akan hasilnya….


  1. andriyan

    Oh iya ya, baru ‘ngerti sekarang, tks Pak.
    BTW, ini bukan iklan minuman isotonik kan … ?🙂

  2. mas.jamal

    mungkin juga pak, zona kebahagiaan itu timbul, seiring dengan selarasnya jiwa dan raga kita.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: