Penyesalan

Saya pikir-pikir, penyesalan itu harus dihindari. Terutama penyesalan karena tidak melakukan sesuatu. Caranya ya dengan berani melakukan sesuatu itu.

Sebenarnya rasa menyesal itu buruk karena menjebak. Pertama, hal itu sudah terjadi. Mau apa? Kedua, menyesal itu perasaan yang tidak menyenangkan. Jadi bayangkan anda terjebak dalam perasaan tidak menyenangkan atas sesuatu yang tidak dapat anda ubah lagi.

Kalau ada satu rasa sesal yang anda harus takuti, itu adalah menyesal ternyata anda tidak menghidupi hidup ini sebagaimana seharusnya.  Rasa menyesal ini baru akan sangat berbahaya kalau hari ini adalah hari terakhir hidup anda.  Kalau ajal akan menjemput anda malam ini. Dan anda mendadak menyadari betapa anda memiliki talenta begitu besar, dan anda bisa mengubah dunia ini menjadi lebih baik, tetapi anda tidak melakukannya. Betapa hebat masterpieces yang anda bisa buat, tapi anda menyia-nyiakan semua kesempatan untuk menghasilkannya. Maka perasaan menyesal itu akan sangat menyakitkan, melebihi neraka dunia.

Saran saya ada dua.

Satu, segera perbaiki akibat kesalahan anda itu. Kalau ada orang yang anda sakiti, segera tebus supaya ia sembuh. Kalau ada yang anda rugikan, bayar lunas. Kalau ada hal yang anda gagal lakukan, janji dalam hati next time tidak akan seperti itu. Setelah semua itu anda lakukan, maka buang jauh-jauh perasaan menyesal itu.

Dua, anda harus berani melakukan segala sesuatu, khususnya segala sesuatu yang bila anda tidak lakukan anda akan menyesal. Anda harus habis-habisan di dunia ini. Habis-habisan mengembangkan diri. Habis-habisan menolong orang. Habis-habisan menyongsong semua excitement yang ditawarkan. Habis-habisan melalap semua peluang yang muncul. Habis-habisan membuat karya kehidupan: dunia yang lebih baik untuk semua orang, terlebih anak cucu kita.

Ya benar. Penyesalan terbesar akan muncul bagi anda yang tidak hidup habis-habisan.

Tapi bagi anda yang hidup habis-habisan, yang memutuskan untuk melakukan apapun yang anda takuti, maka anda akan tertawa puas pada hari terakhir.

Yang akan menangis itu semua orang, yang akan kehilangan anda…


  1. hendrahermadin

    great inspiration… thx sir😀

    -your student of PTI-TPB pharmacy08-

  2. setuju sekali pak..

    ini mirip sama buku Andrie Wongso yang pernah saya baca.. ada satu kisah seorang tua yang menasehatkan dua frasa kata yang bila dipegang bisa mengantarkan sukses dalam hidup di dunia..

    Don’t Afraid, Don’t Regret

  3. mirip-mirip kata-katanya Mario Teguh, Pak😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: