What to Look Everyday?

Setiap bangun pagi, setiap menghadapi peristiwa, tanyakan selalu tiga hal: (1) peluang nilai apa yang bisa ciptakan bersama, (2) peluang kepemimpinan apa yang bisa kita berikan, dan (3) peluang pelajaran berharga apa yang bisa kita petik?

Saya rasa banyak orang tidak happy karena hidupnya dirudung berbagai masalah. Sedemikian banyak dan beruntun masalah itu, sampai ia menghadapi hari-hari dengan waspada dan penuh kecemasan. Waspada agar jangan sampai masalah bertambah. Cemas kalau-kalau ada masalah baru datang.

Kalau orang waspada itu biasanya tegang, tidak rileks dan tidak having fun. Apalagi kalau penuh kecemasan. Tubuhnya dipenuhi hormon dan zat kimia yang menekan organ-organ pencernaan, saraf, dan jantung.  Sakit perut. Pusing. Lama-lama sakit betulan.

Akibatnya kita ini pasif. Tidak lagi senang berinisiatif. Tidak senang memicu situasi baru. Takut masalah baru timbul.

Saya mengerti bahwa ini tidak sehat. Tapi mau gimana dong?

Saya pikir, yang paling penting adalah melihat setiap peristiwa sebagai peluang. Melihat setiap hari, setiap bangun pagi, sebagai suatu kesempatan.

Kesempatan apa?

Saya pikir kesempatan tiga hal itu tadi: mengembangkan nilai bersama, kepemimpinan, dan pertumbuhan diri.

Mengembangkan nilai bersama adalah mengembangkan hal yang kita anggap penting. Mulai dari kesempatan mengembangkan silaturahmi, mengembangkan bisnis, mengembangkan produk baru, sampai pada memperbaiki hal-hal yang tidak jalan baik. Jadi, kita terus sensitif terhadap peluang untuk mengembangkan sesuatu yang asik.

Mengembangkan kepemimpinan itu artinya memberikan teladan, inspirasi, dorongan, layanan, serta bantuan pada orang yang membutuhkan. kepemimpinan itu pada dasarnya memperlengkapi orang lain untuk bisa memenuhi aspirasinya, kebutuhannya.

Mengembangkan pertumbuhan diri artinya kita tambah pandai, tambah mengerti, tambah menghargai, tambah trampil. Kita menjadi orng yang lebih baik dari hari kemarin.

Sebenarnya, setiap hari itu adalah kesempatan kita untuk tambah baik. Kita senantiasa bertanya apakah hari ini kita bisa lebih baik dari hari kemarin. Dalam berbagai hal. Tapi pada saat yang sama, apakah orang lain, lingkungan, dunia ini menjadi lebih baik juga karena perkembangan kita itu.

Jadi, janganlah pikiran kita diisi oleh masalah-masalah, serta kecemasan akan bahaya. Kecemasan akan kehilangan. Kecemasan akan akibat buruk yang akan terjadi. Semua itu harus dipandang sebaliknya. Lihatlah selalu sisi peluang dari segala hal.

Lihatlah setiap hari sebagai peluang untuk menjadi semakin baik. Kita dan orang lain.


  1. djamaludin

    thanks pa.

  1. 1 Tweets that mention What to Look Everyday? « Armein Z. R. Langi in the City of Eden -- Topsy.com

    […] This post was mentioned on Twitter by sunu pradana. sunu pradana said: What to Look Everyday? http://bit.ly/bRIP1H […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: