Kembali Menjadi Anak Kecil

Jangan marah kalau kita dibilang ke kanak-kanakan. Kalau kita tidak menyambut kehidupan seperti anak kecil, maka kita akan miss all the fun.

Anak kecil itu polos, apa adanya. Ceria dan antusias. Tidak punya prasangka.

Tapi saat ia bernjak dewasa, ia berubah. Dia diajarkan untuk menahan diri. Untuk taat aturan.

Semua itu sebenarnya baik. Cuma sayangnya asumsi di balik aturan itu sering bermasalah. Asumsinya: dunia ini berbahaya. Kita bisa disakiti. Maka kita mesti waspada. Jangan terlalu banyak keinginan.

Akhirnya hidup kita itu cari selamat. Kita menghabiskan waktu usia kita tidak berbuat apa-apa, dan bersyukur kalau bencana tidak terjadi dalam hidup kita.

Padahal hidup kita tidak dimaksudkan untuk diam begitu. Kita diciptakan untuk menjelajahi isi dunia ini. Baik dunia fisik, dunia sosial, maupun dunia pikiran. Kita harus berkelana, menjumpai banyak orang, banyak peristiwa. Dan di mana pun kita berada, kita menyebar luaskan kebaikan. Tindakan membangun. Sentuhan cinta. Salam damai.

Konon ada dua reaksi orang menghadapi sesuatu: fight or flee. Berkelahi atau kabur. Ini sebenarnya mengasumsikan sesuatu itu bahaya. Sebenarnya ada satu lagi reaksi lain: flow. Mengalir.  Menghadapi dunia, kita tidak berkelahi atau kabur. Tapi kita ikut mengalir bersama sungai kehidupan. Mengikutinya. Karena dunia ini ciptaanNya. Meskipun berbahaya, Ia menyertai kita.

Dan cara pandang flowing ini adalah cara pandang seorang anak kecil dalam menghadapi kehidupan.

Jadi, mari kita kembalikan semangat antusias dalam hati kita. Anak kecil dalam diri kita. Sehingga kita bisa menikmati kehidupan ini jauh lebih menyenangkan.


  1. beratlah menjadi anak kecil.dunia ini tidak begitu baik jika kita masih bersifat polos.sebaiknya kita harus bisa beradaptasi gimana bisa menaklukkan sisi dunia yg emang keras.🙂

  1. 1 Tweets that mention Kembali Menjadi Anak Kecil « Armein Z. R. Langi in the City of Eden -- Topsy.com

    […] This post was mentioned on Twitter by sunu pradana. sunu pradana said: Kembali Menjadi Anak Kecil http://bit.ly/9yk0nH […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: