Rapat

Belakangan ini saya sering diundang pertemuan dan rapat. Dan di rapat, orang harus bicara, kan? Tapi saya sering disuruh diam, hehehe…

Saya sebenarnya tidak terlalu senang dengan rapat. Karena rapat itu sering tidak efektif dan buang waktu. Tapi apa boleh buat, belakangan ini saya harus ikut. Karena tugas.

Lha, supaya berguna dalam rapat, saya perlu ikut mikir, ikut bicara, kan ya? Jadi sebelum rapat, saya biasanya mempersiapkan diri, mempersiapkan isu-isu penting, dan mempersiapkan pandangan saya tentang isu tersebut. Jadi supaya dalam rapat saya bisa berkontribusi.

Teorinya begitu. Tapi dalam praktek saya jadi seperti orang yang cerewet. Sampai-sampai suka di minta diam dulu.

Hehehe, ngapain undang saya atuh?

Sebenarnya rapat itu adalah mekanisme untuk 1) merumuskan opportunities/masalah, (2) merumuskan kriteria sukses, (3) menggali opsi-opsi tindakan untuk menangkap peluang/memecahkan masalah, (4) mengevaluasi opsi-opsi tersebut sesuai kriteria sukses, kemudian (5) memutuskan/memilih opsi mana yang akan kita tindak lanjuti.

Kalau alur mekanisme ini ditempuh, minimal sebagai milestone, maka rapat bisa efektif.  Ini butuh persiapan dan materi tertulis. Butuh pimpinan rapat yang sensitif dan aware tentang kelima aspek mekanisme tersebut. Tanpa itu, maka rapat berubah menjadi ngobrol.

Biasanya saya suka malu kalau sudah asik ngomong lalu di suruh diam. Apalagi di depan umum. Tapi karena sudah terlalu sering, saya jadi terbiasa. Malah merasa lucu, katanya tidak senang rapat, kok jadi having fun gini?

Well, kalau kita tidak menghindari sesuatu, we better enjoy it


  1. kalau kita tidak menghindari sesuatu, we better enjoy it…

    ijin kutip, pembuka semangat hari ini🙂

  2. aha

    mungkin perumusan kriteria sukses dulu pak, baru perumusan masalah dst?




Leave a Reply

