Empati: Kecerdasan Tertinggi

Dari semua kecerdasan, empati adalah yang tertinggi.

Empati itu kemampuan untuk membayangkan apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Kita menjadi aware, sadar, dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Kita sadar akan apa yang terjadi pada orang lain, tanpa kita lihat. Kita menjadi tahu akan sukacita atau penderitaan orang, hanya dengan membayangkannya.

Kok bisa ya? Itulah sebabnya, orang yang bisa membayangkan perasaan orang lain itu –tentu secara akurat– memiliki kecerdasan yang tinggi. Kita mampu menarik kesimpulan dari informasi-informasi yang tidak lengkap.

Dan empati itu bertingkat-tingkat. Maksudnya, di tingkat satu: kita bisa membayangkan apa yang dia pikirkan.  Di tingkat dua: kita bisa membayangkan apa yang ia bayangkan tentang kita. Di tingkat tiga: kita bisa membayangkan apa yang ia bayangkan tentang apa yang kita bayangkan tentang dia… Dan seterusnya.

Heheh, rumit ya..?

Tapi itulah, semakin cerdas sesorang, semakin mampu ia berempati ke level yang lebih tinggi. Dan kecerdasan ini akan memampukan kita untuk bergaul dengan orang, untuk menjalankan kerjasama, untuk menjadi pemimpin, dan untuk menjadi kekasih yang baik. Karena melalui empati ini, komunikasi kita bisa efektif dan nyambung. Melalui empati ini kita bisa melakukan banyak hal dengan lebih baik.

Melalui empati ini kita bisa bertindak untuk membawa kebahagiaan bagi banyak orang…


  1. anggoro

    masalahnya pak, kita sudah sering disuguhi berita2 bencana, dll yang makin lama bikin perasaan kita mati. Kadang saya ngeri kita sebagai manusia justru sudah hilang sisi “manusia” nya karena terbiasa melihat bencana sebagai : yaa..mungkin memang sudah nasib orang itu
    Hilang sisi manusianya trus kita ini apa.???




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: