Biofuel?

Saya pikir biofuel tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi manusia modern. Kita harus menggalinya langsung dari cahaya matahari atau panas bumi.
Kita semua butuh energi. Bensin/gas dan listrik. Tanpa energi, manusia modern tidak bisa berkembang. Tidak bisa bebas hidup nyaman, bergerak, menerangi rumah, memasak, sampai berproduksi.
Paling tidak kita mengkonsumsi energi listrik dan minyak bumi. Selama ini sumber energi kita itu berasal dari fosil, minyak. Kemudian ada yang datang dari tenaga air terjun.
Dan perhitungan kita, ini tidak akan cukup di masa depan. Indonesia sudah menjadi pengimpor minyak. Dan listrik kita sering mati-mati.  Di berbagai kota, listrik ternyata dibangkitkan oleh generator disel. Jadi berton-ton solar harus dipasok ke kota-kota tersebut untuk menghasilkan listrik.
Keterbatasan pasokan energi ini bsia menghambat kemajuan kehidupan kita.
Banyak orang mengusulkan energi dari tumbuhan. Biofuel. Idenya tumbuhan kita petik atau tebang kemudian mengkonversinya menjadi bahan bakar. Biofuel. Biosolar.
Persoalannya, ini berarti kita harus menggunakan lahan yang luas untuk tanaman energi itu. Dan ini bersaing dengan kebutuhan sumber makanan dan lahan bagi manusia. Jadi mungkin tetap ada sumber energi dari biofuel. Tapi tidak banyak.
Lebih pas kita mencari energi melalui cahaya matahari, seperti solar cell. Diperlukan teknologi untuk menangkap energi dari matahari secara efisien, dan menyimpannya dalam batere listrik atau cairan bakar yang berukuran fisik kecil tapi efektif. Kita kemudian membuat jaringan distribusi energi tersebut, serta peralatan penerangan, memasak, pendingin, transportasi, dan teknologi informasi menggunakan energi-energi ini.
Atau alternatif tambahan energi lain, kita memperoleh energi dari panas maupun gerak bumi. Energi bisa ditangkap dari gunung berapi, kawah, sampai pada gerak air laut. Kuncinya adalah kemampuan menyimpan energi itu kemudian mengirimkannya (melalui zat kimia yang padat atau cair) ke temapt-tempat yuang membutuhkannya.
Jadi di masa depan, profil sumber energi kita terdiri dari tenaga matahari, fosil, panas bumi, dan sedikit biofuel.

  1. Banyak orang mengusulkan energi dari tumbuhan. Biofuel. Idenya tumbuhan kita petik atau tebang kemudian mengkonversinya menjadi bahan bakar. Biofuel. Biosolar.

    barusan nonton the matrix trilogy, pesan moralnya : tidak etis menggunakan manusia sebagai ‘baterai’. tapi apa bedanya dengan biofuel dari tumbuhan? toh, manusia dan tumbuhan sama-sama makhluk hidup.. 😀

  2. yuti

    tukang becak pakai bio-fuel pak, berasnya dimakan biar jadi tenaga buat genjot becak 😀

  1. 1 Tweets that mention Biofuel? « Armein Z. R. Langi in the City of Eden -- Topsy.com

    […] This post was mentioned on Twitter by sunu pradana. sunu pradana said: Biofuel? http://bit.ly/bcZaRh […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: