Puasa

Orang perlu rajin berpuasa. terutama jaman sekarang. Bukan saja untuk mendapatkan makna spiritual, tetapi juga untuk mendapatkan kesehatan tubuh.

Puasa sering dikaitkan dengan kegiatan keagamaan. Terlebih penganut agama diminta untuk berpuasa pada bulan tertentu, atau waktu tertentu. Ini membawa kebahagiaan jiwa dan batin. Karena puasa itu membawa berkat spiritual. Kita diajak untuk mengerti bahwa hidup itu bukan soal makan dan minum. Hidup itu soal memiliki spirit Ilahi. Hidup itu soal rohani juga.

Tetapi menurut saya, apapun agama kita, puasa itu semakin penting. Terutama masa kini, di mana makanan kita mengandung begitu banyak zat. Dan berlimpah.

Karena makanan menjadi bisnis dan industri bessar, maka orang berlomba-lomba membuat makanan enak dengan skala besar. Enak berarti memenuhi selera. Maka tubuh kita dibuat kecanduan akan makanan yang gurih. Dan kita pun menyantapnya tanpa batas. Setiap hari.

Jadi hari ini penyakit kita bukan kelaparan. Tapi kebanyakan makan. Karena gerak tubuh kita terbatas, maka makanan itu menumpuk dalam tubuh tidak terpakai, dan menjadi racun. Penyakit jantung, stroke, gula, asam urat itu semakin banyak hari ini. Dan faktor utama penyebabnya adalah makanan.

Kemudian, karena industri makanan ini berskala besar, maka makanan tersedia melimpah. Agar tidak busuk, maka produsen menambahkan berbagai zat kimia dalam makanan kita. Pengawet. Pewarna. Penyedap. Semua itu ada dan dikonsumsi tiap hari. Tambah keracunan tubuh kita.

Jadi bagaimana dong? Orang sibuk menghitung kalori, lemak, kolesterol dalam makanan. Kemudian berusaha menjatahnya. Dengan teori macam-macam, termasuk kesesuaian makanan dengan golongan darah. Dan sering gagal diet, karena badan kita sudah ketagihan.

Maka, menurut nasehat seorang dokter, solusi yang terbaik adalah berpuasa secara rutin. Dan saya setuju.

Dengan berpuasa kita tidak saja bebas dari kepusingan menghitung-hitung kalori dan jenis makanan. Kita juga melatih diri untuk keluar dari ketagihan. Dan lebih jauh lagi, kita bisa memberi makna spiritual pada puasa ini. Jadi kita dapat manfaat double bahkan triple. Badan kita tidak kelebihan zat-zat, biaya makan menjadi murah, dan dapat pahala spiritual pula.

Jadi, mari kita mulai kebiasan baru. Berpuasa yang rajin. Saya sedikit banyak mulai menerapkan konsep ini. Pinggang saya mengecil, terasa dari lubang sabuk yang perlu dikencangkan. Dan badan terasa lebih ringan, gesit, dan sehat.

Jadi kalau anda punya penyakit yang sukar sembuh, mungkin itu disebabkan makanan kita. Terapi puasa ini bisa membantu menyembuhkan kita.


  1. Setuju😉




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: