Two Years of Blogging

Hari ini genap dua tahun saya menulis di blog ini. Saya sudah menulis 1220 posting selama 730 hari. It is fun

Suatu sore dua tahun lalu saya sedang duduk di lab kami, dan bertemu Pak Arry Akhmad Arman. Beliau berkisah tentang bagusnya menulis blog. Saya sebenarnya sudah menulis-nulis juga di blog saya di blogspot. Tapi sama sekali tidak konsisten. Jadi blog saya yang itu mirip batu nisan. Ada nama saya dan isinya bertahun-tahun tidak berubah.

Saran pak Arry: jangan pernah berhenti menulis. Kemudian saya punya teori, sesuatu yang dilakukan tiap hari minimal 21 hari berturut-turut akan menjadi kebiasaan. Jadi saya cukup bertahan menulis setiap hari selama 21 hari. Itu target saya saat itu. Dan saya kerahkan kekuatan mental saya untuk tidak menyerah. Ternyata teori itu terbukti benar. Menulis menjadi habit, kebiasaan saya.

Harapan saya tentu tulisan-tulisan di blog ini berguna bagi anda sekalian pengunjung.

Tetapi sebenarnya saya yang paling mendapatkan manfaat. Setiap hari kepala saya berisi berbagai buah pikiran yang berseliweran. Buah pikiran itu membuat hati saya gembira. Dengan bertambahnya usia, semakin banyak yang saya alami, baca, dengar, yang menyenangkan saya. Tapi semakin saya tua, semakin pelupa. Solusinya adalah menulis blog. Dan kalau hati saya sedang susah dan bingung, saya baca kembali blog ini beserta komentar-komentarnya. Dan saya kembali terhibur.

Kayaknya sadar atau tidak sadar saya sedang menerapkan formula atau prinsip bahwa saya sendiri harus menyenangi apa yang saya tulis. Apa yang saya beri pada orang lain harus sesuatu yang saya sendiri sukai. Yang berguna buat saya. I eat my own dog food. Saya tidak pernah akan menulis sesuatu yang saya sendiri tidak senang membacanya.

Jujur saja, ada saat-saat saya mau menyerah. Tidak lagi mau menulis. Entah habis bahan. Entah kehilangan motivasi. Atau tulisan dan komentar membuat orang-orang yang saya cintai kecewa, marah.

Tapi kehadiran anda para pengunjung membuat saya berubah pikiran. Saya akan tetap menulis untuk pengunjung yang selalu setia membaca, yang senang kalau isinya berguna, dan maklum kalau isinya amburadul. Dan saya menulis untuk kebaikan diri saya dan orang-orang yang saya kasihi.

Sudah dua tahun. Dan saya sungguh berterimakasih karena anda sudah setia menemani saya di blog ini. You have no idea what that means to me


  1. blogging itu menyenangkan kok.😛

  2. saya udah 3 tahun ngeblog tapi kualitas isinya ga sebagus bapak nih. jadi :malu

  3. Terimakasih untuk menyediakan waktu berbagi Pak Armein. Semoga terus diberi kemudahan untuk berbagi terang. Semoga kami, pembaca, tetapi menjadi salah satu semangat pendorong. Yang baca dan memetik manfaat pasti jauh lebih banyak dari yang komen. Thx again sir.

  4. selamat ulang tahun pak😀
    29 Maret ya? Umur blog saya masih 10 bulan nih😛

  5. Saya mulai ngeblog tidak jauh berbeda dengan Bapak. Dan selama 2 tahun ini, tulisan Pak Armein tidak pernah absen dari RSS Reader saya🙂

  6. aWi

    Happy blogging, pak

  7. terima kasih untuk berbagi hal2 yang bermanfaat dan inspiratif.. keep writing ya pak. saya selalu baca tulisan bapak🙂

  8. baru tahu kalo ada teori 21 hari.🙂
    keep writing, Pak Armein!
    You made nice and readible posts, Sir!

  9. … sudah menulis 1220 posting selama 730 hari.

    Wow, ternyata sudah menulis sebanyak itu ya, Pak. Kualitas blogpost-nya pun gak kalah sama kuantitasnya. Benar-benar hebat!!

  10. Niko

    Mr. Armein..

    You’re blog is inspiring.
    Please don’t stop writing..
    We’re always there waiting🙂

  11. Sudah lama tidak mampir ke sini Pak. Hari ini mampir dan membaca tulisan Pak Armein satu per satu. Semuanya inspiring, Pak! Khusus tentang teori 21 hari, saya akan praktikan, berhubung blog saya sudah lama tidak terawat. Khawatir jadi kuburan jg. Msh mending kalau batu nisannya terawat, he…

  12. saya mulai ngeblog lagi baru sebulan yang lalu… awalnya bingung mau nulis apa, tapi dengan memaksakan diri untuk membiasakan nulis, jadinya setiap ada ide yang terlintas di pikiran langsung ingin dijadikan tulisan.. blog memang tempat yang asyik buat mencurahkan isi pikiran, baik itu ide kreatif maupun ide gila.. Keep blogging!!!

  1. 1 21 Hari Menuju 500 Hari Ngeblog | Blog Anggoro Manis

    […] lama juga ya? Saya ingin sekali menulis tiap hari. Berhubung Pak Armein, salah seorang dosen menulis teori ini dalam blognya: “Sesuatu yang dilakukan tiap hari minimal 21 hari berturut-turut akan menjadi […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: