Experts

Kata Niels Bohr, experts itu adalah orang sudah melakukan semua kesalahan yang mungkin dilakukan dalam suatu bidang tertentu. Meskipun mungkin ini diucapkan dengan maksud bergurau, saya kira pernyataan Bohr ini sungguh benar.

Belajar itu berarti mengubah konfigurasi sel-sel otak, bukan? Nah saya bisa belajar banyak kalau berbuat salah. Kalau tidak berbuat salah, semua lancar-lancar, maka pengetahuan saya memang bertambah. Tapi sedikit. Tidak sebanyak kalau saya berbuat kesalahan. Apalagi kalau ongkosnya mahal. Dengan waktu cepat otak saya beradaptasi. Kali berikut tambah baik.

Jadi apapun di dunia ini, keberhasilan atau kegagalan, berguna. Kalau saya berhasil melakukan sesuatu maka saya senang. Tujuan saya tercapai. Tapi kalau saya gagal, maka saya bisa mempelajari kegagalan itu, kemudian beradaptasi. Memperbaikinya. Kali berikut saya semakin dekat pada keberhasilan.

Memang suatu kegagalan bisa berharga mahal. Saya harus keluar uang tidak sedikit. Keluar waktu. Tenaga. Aset. Tapi tidak apa-apa. Anggap itu uang kuliah untuk tambah pintar.

Begitu besar peran kegagalan, kesalahan, salah duga, salah persepsi, salah langkah, pada keberhasilan orang. Edison bersedia gagal 9999 kali untuk mencapai hasil yang diinginkan pada percobaan yang ke 10,000. Sampai-sampai Bohr menyatakan bahwa kita belum betul-betul expert kalau belum melakukan atau mengalami semua kegagalan dan kesalahan yang mungkin dibuat dalam suatu bidang.

Saya sendiri belajar mengadopsi prinsip ini, tapi tidak mentah-mentah. Karena perbuatan kita itu mengandung resiko. Jadi saya harus mengawinkannya dengan prinsip Richard Branson. Branson menasehati orang agar melakukan dahulu asesmen resiko dari semua percobaan kita. Kita harus menganalisa resiko-resiko yang ada, dan menjawab apakah kita sanggup memikul resiko, termasuk yang terburuk? Apakah kita punya persiapan untuk menjawab resikonya? Apakah kita mau belajar dari nya? Jika ya, just do it.

Jadi dengan kombinasi Bohr dan Branson, kita memiliki situasi win-win. Kalau usaha kita berhasil, kita win. Tapi kalau kita melakukan kesalahan, segera belajar dari situ agar kesalahan itu tidak terulang. Dengan demikian belajar dari kesalahan itu membuat anda menjadi seorang expert. Ini win juga…


  1. hmm..pendapat yg sangat menarik.belajarlah dari kesalahan kalau gt.🙂

  2. andriyan

    “Kata Niels Bohr, experts itu adalah orang sudah melakukan semua kesalahan yang mungkin dilakukan dalam suatu bidang tertentu.”

    Barangkali, dalam bahasa yang sederhana Bohr mengatakan bahwa seseorang akan menjadi expert kalau “semua asam dan garam di bidang ilmu tsb sudah pernah dirasakan.”




Leave a Reply

