Outgrow Your Job

Cara terbaik untuk mengembangkan karir adalah dengan melakukan pekerjaan anda saat ini sebaik mungkin. Melebihi tuntutan job descriptions. Dengan demikian anda meng-outgrow pekerjaan anda.


Saya sering heran melihat orang yang sehari-hari mengerjakan hal di luar pekerjaan utamanya, sehingga tugas utamanya terbengkelai. Misanya anda seperti saya: dosen. Maka tugas utama kita adalah mengajar, meneliti, melakukan pengabdian masyarakat. Tri darma. Tapi sering saya melihat dosen yang sibuk justru mengerjakan hal-hal yang bukan tri darma. Bukannya tidak boleh. Tapi tugas utamanya itu terbengkelai.

Atau kita merasa naik jabatan. Jadi profesor misalnya. Justru setelah menjadi profesor, orang berhenti mengajar. Ini menurut saya aneh. Profesor itu adalah guru besar. Jadi kuliahnya harus semakin hebat, semakin bagus, semakin diminati orang. Guru besar gitu lho..

Saya pikir dalam pekerjaan kita itu ada banyak hal yang bisa ditingkatkan. Di buat istimewa. Dibuat semakin luas. Kita dengan berani mengambil tanggungjawab yang lebih besar. Melayani pelanggan melebihi apa yang dia harapkan. Berpikir lebih luas bagaimana memberikan pengalaman yang asik pada semua yang kita layani.

Semua itu endless. Maksudnya tidak pernah berhenti. Dan menjadi fun. Bayangkan pekerjaan anda itu, yang tadinya membosankan bagi anda, apalagi bagi mereka yang lihat anda, berubah menjadi mengasikkan.

Maka promosi akan mendatangi anda. Jabatan baru akan menanti anda. Tugas baru akan menghampiri anda.

Outgrow your job. Making it more fun


  1. makasih pak untuk nasihatnya😛

  2. Go the extra mile…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: