Berkat

Berdoa meminta berkat itu baik. Tapi lebih baik lagi berdoa minta kita menjadi berkat bagi orang lain.

Terkadang kita merasa doa kita kok tidak terkabul. Padahal kita sudah melakukan banyak kewajiban kita. Kita ingin minta imbalannya. Kita minta berkat, karena kita sudah nurut.

Sebenarnya Tuhan ingin selalu memberi apa yang kita pohonkan. Tapi kita mau menggunakannya untuk memuaskan keinginan kita. Kita minta sesuatu yang memuaskan hasrat kita. Bahkan hawa nafsu kita.

Oleh sebab itu Ia tidak mengabulkannya.

Apalagi, kita sering mengubungkan berkat itu dengan kekayaan, harta benda, uang, kemewahan, harta milik.  Doa kita itu agar kita bisa memilki ini itu. mempunyai ini itu.

Sebenarnya semua aturan Tuhan itu dibuat agar kita mampu menjadi alatNya membawa berkat bagi sesama. Ya Ia ingin kita mendapatkan berkat. Tapi ia lebih ingin kita bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain. Apa yang Ia berikan itu untuk kita lewatkan, berikan, bagikan dengan orang lain.

Kalau kita sibuk memikirkan kebutuhan orang lain, keperluan orang lain, kemudian berusaha memenuhinya, maka Tuhan akan memperlengkapi kita. Ia akan memperlengkapi kita agar bisa menjadi berkat, membawa berkat, bagi orang lain.

Maka dari proses itu berkat itu akan berbalik kepada kita. Berkat yang kita inginkan itu akan datang dari proses kita memberi berkat pada orang lain.

Begitulah hukum yang hendak Tuhan ajarkan pada kita. Bahwa kita akan memperoleh berkat dariNya saat kita membawa berkat pada orang lain. Impian kita akan terwujud saat kita berusaha mewujudkan impian orang lain.

That is how it works


  1. kmastion

    setuju pak,
    mungkin salah satu kunci agar permohonan lekas dikabulkan tuhan, kita niatkan segala sesuatu tidak hanya utk kepentingan sendiri, tp jg utk di bagi dengan orang lain.

    nice post

  2. “Aku tak selalu menerima semua yang kuminta, aku menerima segala yang kubutuhkan.” (dari puisi Sayidina Ali bin Abi Thalib)

  3. Swati Lee

    Hm… maybe we should define the definition of blessing first, before we ask for it. What kind of blessing are we asking?
    For sure, you and me are blessed abundantly by the grace of God.
    Your statement seems similar with “the law of attraction” from Rhonda Byrne in her book “the Secret.”

  4. Setuju, kita hidup untuk menjadi berkat bagi orang lain. hidup ini akan sia2 bila tanpa orang lain… menjadi berkat bagi orang adalah kasih yang dimiliki oleh Allah tertanam baik dalam hati orang tersebut, bukan karena kasihan tapi karena dorongan kasih yang dalam.. (bagaimana kita mau di berkati klo qt hanya mementingkan diri sendiri, golongan apalagi ras… kita semua sama….

    amin….(www.mayyoubeblessed.com

  5. lebih asik penyertaan Tuhan daripada sekedar berkat-berkatnya saja😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: