Meaningful Life

Apa makna hidup anda? Ini perlu kita gali, karena tanpa itu, kita tidak benar-benar hidup.

Apa makna hidup? Apa arti hidup ini? Pertanyaan ini sudah ditanyakan sejak dulu, sejak manusia memiliki kesadaran. Dan ini menjadi perdebatan para filsuf sejak zaman Yunani kuno sampai sekarang.

Pertanyaan ini semakin relevan di masa modern sekarang. Semakin sibuk kita, semakin terpenuhinya kebutuhan material, orang merasakan kekosongan makna. Kehampaan arti kehidupan. Saat dunia menawarkan begitu banyak kemudahan, kemewahan, penampilan, status, dan konsumsi produk-produk dalam iklan, hidup kita tetap kosong. Banyak orang memilih untuk memanjat gedung tinggi, atau mall, kemudian loncat terjun bebas, mengakhiri hidupnya yang terasa tidak bermakna.

Saya punya pendapat yang mungkin berbeda dengan banyak orang.

Menurut saya, anda sendirilah yang menentukan makna hidup anda. Anda sendirilah yang memberikan arti hidup anda. Bukan orang lain. Bukan ajaran dan dogma. Bukan iklan. Bukan buku. Tapi anda sendiri. You create the meaning of your life.

Anda memberi makna pada hidup ini melalui percaya. Keyakinan. Believe.  Anda percaya apa yang mulia, baik dan penting. Dan kepercayaan ini memberikan makna pada hidup anda.

Misalnya anda percaya bahwa berbuat baik dan menolong orang miskin itu adalah mulia. Maka hidup anda akan penuh makna bila sehari-hari anda berbuat baik dan menolong orang miskin.

Kalau anda percaya orang yang berpakaian bagus dan naik mobil mewah itu mulia, maka hidup anda berkendaraan mobil mewah dengan mengenakan pakaian bagus menjadi hidup yang bermakna.

Kalau anda percaya orang yang pintar dengan titel tinggi itu mulia, maka saat anda lulus dengan gelar akademis tertinggi hidup anda menjadi bermakna.

Kalau anda percaya orang yang punya kreativitas seni yang tinggi atau suara nyanyian yang merdu adalah mulia, maka hidup anda sebagai seorang seniman atau penyanyi adalah hidup bermakna.

Jadi hidup anda bermakna itu adalah hidup mulia menurut keyakinan anda. Seturut kepercayaan anda.

Yang menarik adalah ternyata anda sendirilah yang menentukan apa yang anda percaya. Anda sendirilah yang memilih apa yang mau anda percayai. Karena namanya kepercayaan, nobody knows exactly whether it is true or not, maka kepercayaan adalah pilihan pribadi anda.

Nah kalau itu adalah pilihan anda, mengapa anda tidak menciptakan sendiri kepercayaan anda? Why don’t you create your own believe? Mungkin anda mau memasukkan unsur pengalaman di situ, agama di situ, pendapat orang yang kita percayai di situ,  terserah kita. Tapi point saya, mengapa bukan anda yang menciptakan apa yang anda mau percayai?

Saya tahu, anda mulai gamang nih, tapi kagok, tanggung, saya teruskan lagi.

Nah, kalau anda pencipta kepercayaan anda, mengapa anda tidak membuat kepercayaan di mana anda itu istimewa? Anda itu mulia? Anda itu happy? Kepercayaan yang menempatkan anda pada posisi yang menyenangkan, terhormat, mulia, bagus, bebas dari rasa takut?

Sehingga dengan otomatis anda memperoleh hidup yang bermakna setiap hari. Gembira setiap hari. Produktif setiap hari. Fun setiap hari.

Saya sendiri punya contoh yang belakangan saya terapkan setiap hari. Saya percaya bahwa Tuhan itu amat pandai bergurau. Dunia itu berisi gurauan dan canda. Canda dan tawa itu mulia. Memang ada yang serius, tapi cuma sedikit. Cuma soal perlindungan hak-hak orang dari perampasan. Cuma soal mengikutsertakan orang lemah dalam mainstream perjalanan evolusi. Sisanya adalah canda, gurauan, fun. Jadi hidup bermakna adalah hidup penuh tawa dan canda.

Karena saya mengadopsi kepercayaan ini, saya jauh lebih rileks menghadapi berbagai masalah. Karena saya cek saja, apakah masalah ini terkait perampasan hak orang secara tidak adil? Kalau tidak, saya hadapi dengan gampang, rileks, dan selalu mencari sisi lucunya. Ya, kalau ini gurauan, lucunya di mana? Dan karena saya mencarinya, sering saya berhasil menemukannya, dan tertawa. Jadi deh hidup bermakna.

Jadi silahkan anda coba resep saya. Semoga hidup anda semakin bermakna. Setiap hari.




    Leave a Reply

