Giving Your All

Sumber kegagalan hidup itu biasanya karena kita setengah-setengah. Kagok. Setiap orang pasti sukses. Asalkan ia mau memberikan segalanya.

Kata orang, sukses itu berarti punya jabatan tinggi, penghasilan besar, reputasi hebat. Dan ada orang-orang yang menjadi semacam contoh, poster boy, tentang kesuksesan.

Maka kita ingin mencontoh kesuksesan orang lain itu. Kita berusaha agar bisa seperti mereka.

Tapi kemudian kita  bingung. Karena kita kok kurang bisa melakukan apa yang mereka lakukan. Kalaupun kita mampu, kesempatan tidak datang. Kalaupun kesempatan datang, kok banyak masalah dan hambatan. Kalau hambatan tidak ada, kok pilihannya banyak, sehingga kita bingung mana yang harus kita pilih.

Saya kira persoalannya adalah kita tergoda untuk menjadi orang lain. Yang talenta dan situasinya berbeda. Mengapa kita harus tergoda? Kalaupun ada yang harus tergoda, mengapa tidak sebaliknya, bahwa orang lain tergoda untuk menjadi diri kita?

Maka untuk itu, kita perlu kombinasikan apa yang menjadi talenta kita dan apa yang menjadi peluang kita. Apapun yang kita kerjakan itu, kita beri yang terbaik. Bahkan lebih dari yang terbaik hari ini, supaya kita tumbuh.

Saya kira di situlah rahasia mengapa memberi yang terbaik itu justru menguntungkan kita. Karena dengan memberi yang terbaik setiap saat, semua otot kehidupan kita membesar. Dan kalau otot itu membesar, maka kita semakin mampu menghadapi tantangan yang besar. Dan dengan mengatasi masalah besar, kita bisa mendapat keberhasilan.

Karena keberhasilan itu pada akhirnya adalah keadaan saat kita mengatasi tantangan besar. Dan masalah besar perlu diatasi oleh kekuatan yang  besar. Kekuatan yang besar ditumbuhkan dnegan melatih otot kehidupan kita setiap hari.

Dan ini terjadi kalau kita selalu memberikan yang terbaik. Setiap hari.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: